Facebook

Twitter

Google Plus

YouTube

Translate  

   

Login Form  

   

Photos Gallery  

   

Statistik  

Hari Ini74
Kemarin792
Minggu Ini5357
Bulan Ini18518
Total Pengunjung836912

IP Kamu 54.161.100.24 Sunday, 21 October 2018

Guests : 24 guests online Members : No members online
   

GBI Holy Spirit  

Setiap Hari Minggu
Jam 16.00 WIB
(MULAI MEI  2018)
 
Hotel SANTIKA KELAPA GADING
 MAHAKA SQUARE BLOK HF 3 JL KELAPA NIAS RT 06 RW 06 KELAPA GADING BARAT
JAKARTA UTARA - DKI JAKARTA 
Gembala Sidang :
Pdt. Timotius Bakti Sarono,M.Th
Hubungi :
Email : tbsarono@gmail.com
PIN BB : 57FBC4AB
Twitter : @timbsarono
FB : Timotius Bakti Sarono
Instagram timotiusbaktisarono
 
 
 
   

Donasi  

 
 
 
BCA. NOMOR REKENING :
0013075007
HOLY SPIRIT MINISTRY

...orang benar memberi tanpa batas (Amsal 21:26)

 

 
   

Chating  

   

FB Timotius Bakti Sarono  

   

ISRAEL UNJUK GIGI

Pdt. Timotius Bakti Sarono,M.Th

 

 

Heboh penolakan visa dari Indonesia untuk memasuki negara Yahudi, akan berbuntut panjang dan meresahkan banyak pihak. Kompas melaporkan bahwa setiap tahunnya tidak kurang dari satu juta tiga ratus ribu peserta pilgrim atau ziarah rohani dari Indonesia   yang memasuki negara tersebut.[1] Bisa di bayangkan bila keputusan Israel ini terus berlanjut maka mereka yang sudah issue tiket penerbangan, booking room hotel-hotel, pengurusan visa, restauran, dll berada dalam kecemasan tingkat dewa.  Bila tidak ada perubahan dari kebijaksanaan pemangku jabatan luar dan dalam negeri maka dapat dipastikan terjadi force majeure[2] dunia travel di Indonesia khususnya yang menyangkut ziarah. Sikap Israel ini dipicu dari tindakan balasan pemerintah Indonesia yang menolak 53 warga Israel yang  akan memasuki wilayah Indonesia.

Pada pertengahan Mei lalu, pemerintah Indonesia melarang warga Israel mengunjungi Indonesia. Hal itu dibenarkan oleh Menteri Hukum dan HAM (Menkum HAM) Yasonna Laoly. Dia mengatakan adanya penolakan visa terhadap 53 warga negara Israel yang akan ke Indonesia. Alasan penolakan disebutnya sangat sensitif. "Tentang 53 orang warga negara Israel yang ditolak visanya itu benar. Itu adalah hasil keputusan clearing house yang kita lakukan. Alasannya itu tidak dapat kami sampaikan. Ini masalahnya sensitif," ujar Yasonna di kantor Kemenlu, Jalan Pejambon, Jakarta Pusat, Jumat (1/6/2018).[3]

Tidak ada negara yang dilahirkan dalam satu hari selain negara Israel. Yesaya [4] dengan jelas menubuatkan kelahiran bangsa Yahudi menjadi sebuah negara dalam waktu satu hari.[5]   Kemerdekaan orang-orang Yahudi  merupakan settingan Allah melalui berbagai nubuatan dalam Alkitab. Sejarah Israel dari zaman Purba sampai di dunia modern sekarang tidak lepas dari campur tangan Sang Pencipta langit dan bumi secara demontratif. Hal ini  dapat dibuktikan dengan kemerdekaannya yang membuat mata dunia terbelalak merdeka dalam waktu singkat. Tanpa perjuangan melawan penjajah atau mengadakan resolusi ke Perserikatan bangsa-bangsa, Israel memperoleh berkat dari Allah melalui negara Inggris dengan mendeklarasikan kemerdekaannya. Walau diragukan keberadaannya Israel tetap melaju melalui berbagai peperangan yang mengubah peta Timur Tengah, dan sampai saat ini negara ini tidak terkalahkan sejak kemerdekaannya bahkan sampai menjelang kedatanganNya Tuhan. Kekalahan Israel kelak terjadi pada akhir zaman ketika mereka terdesak dan memohon pertolongan Allah yang turun dari langit maka Yesus Kristus akan datang beserta orang Kudusnya.

Israel sendiri merdeka pada Jumat siang, 14 Mei 1948, pukul 16.00, mandat Inggris mendekati akhirnya. Di Museum Tel Aviv, sebanyak 350 orang yang telah menerima undangan rahasia berkumpul untuk mendengarkan pengumuman yang sangat dinanti-nantikan​—deklarasi resmi berdirinya negara Israel zaman modern. Pengamanannya ketat agar musuh-musuh dari Negara yang baru itu tidak menyerang acara tersebut. David Ben-Gurion, pemimpin Dewan Nasional Israel, membacakan Deklarasi Pembentukan Negara Israel. Isinya antara lain, ”Kami, anggota Dewan Rakyat, wakil dari Komunitas Yahudi Eretz-Israel . . . berdasarkan hak alami dan hak historis kami serta kuasa dari Resolusi Majelis Umum PBB, dengan ini menyatakan berdirinya Negara Yahudi di Eretz-Israel, yang selanjutnya dikenal sebagai Negara Israel.”[6]

Satu-satunya suku dan negara yang diberi julukan sebagai zionis[7] yang paling banyak dimusuhi oleh bangsa-bangsa, tidak ada lain selain  bangsa Yahudi. Negara ini sudah berulang-ulang kali akan dilenyapkan dari muka bumi oleh tokoh-tokoh dunia tapi gagal total. Dari zaman Babel sampai Holocous tidak akan mampu menghapus eksistensi yang Allah telah lahirkan. Israel  adalah  negara berdaulat dan resmi menjadi anggota Perserikatan Bangsa-Bangsa. Negara Kuno yang pernah dijajah oleh Mesir di jaman Musa ini tetap eksis dengan kemajuan teknologi yang tidak ada taranya dibanding negara manapun. Negara ini termasuk negara maju yang sejajar dengan negara super power dunia ini. Keturunan Yahudilah yang menjadi  berkat bagi bangsa-bangsa dengan teknologi canggihnya. Semua penemuan canggih seperti listrik, komputer, pesawat dan masih banyak lagi adalah hasil karya bangsa Yahudi. Memboikot produk Yahudi maka akan menjadikan suatu bangsa akan kembali ke zaman batu dan pra sejarah karena tidak ada penemuan canggih yang bukan berasal dari produk orang Yahudi!

Sejarah Israel tidak lepas dari karya Tuhan Allah Sang Pencipta sebagai tanda akan eksistensi diriNya sendiri. Jika mau melihat Allah Pencipta langit dan bumi, orang dapat berkaca dengan sejarah dan keberadaan Israel. Bangsa ini disebut sebagai biji mata Tuhan,[8] ahli-ahli Yahudi menerangkan biji mata ini sebagai orang yang paling disayang yang selalu ada di bulatan mata, sehingga sangat berharga sekali. Kebanggaan dan kasihNya kepada Israel akan dilihat oleh mata dunia. Sekalipun bangsa ini telah menolak kehadiran Tuhan sendiri sehingga menjadi bangsa yang tercerai berai ke seluruh penjuru dunia.  Bangsa yang keras kepala ini gambaran semua manusia yang bebal dan memberontak kepada Tuhan. Namun demikian, seperti burung yang berkepak-kepak melindungi sarangnya, demikianlah TUHAN semesta alam akan melindungi Yerusalem, ya, melindungi dan menyelamatkannya, memeliharanya dan menjauhkan celaka.[9]

Teritorial wilayah Israel sendiri ditentukan oleh Tuhan Sang Pencipta dari Mesir sampai Kanaan. Ucapan Tuhan yang disampaikan kepada Abraham ini akan terus berlaku sepanjang zaman. “ Pada hari itulah TUHAN mengadakan perjanjian dengan Abram serta berfirman: "Kepada keturunanmulah Kuberikan negeri ini, mulai dari sungai Mesir sampai ke sungai yang besar itu, sungai Efrat:[10] Secara theologis dan historis sebenarnya Tanah Kanaan adalah milik Israel dari Tuhan yang Empunya langit bumi sebagai warisan yang harus dipertahankan setiap jengkal tanahnya  (eretz Yahweh).  Namun secara geografis wilayah  tersebut diklaim menjadi milik orang Arab. Mengapa bisa demikian?  karena sejak bangsa Israel menolak dan menyalibkan  Yesus Kristus mereka berdiaspora (berserakan) keseluruh dunia.

Sementa Israel menerima hukuman Tuhan berserakan ke seluruh dunia maka tanah milik pusakanya ditinggal dan menjadi kosong tidak berpenghuni. Kekosongan Tanah pusaka inilah yang membuat suku-suku bangsa yang sudah di usir oleh Israel kembali menempati tanah perjanjian. Sebagian besar di dominasi oleh orang-orang muslim yang salah satunya orang Palestina. Ini berlangsung hampir seribu lima ratus  tahun,  dari  Kristus Yesus di salibkan sampai kemerdekaan Israel pada tahun 1948.  

Palestinian” (orang Palestina) adalah bentuk kata Latin untuk ”Philistine” (Orang Filistine). Dalam bahasa Ibrani ”orang-orang Filistin” (jamak) adalah dipanggil ”Plishtim.” Ini bukanlah suatu bentuk Semantik, tetapi suatu bentuk yang berasal dari Yunani kuno untuk orang-orang Filistin yang adalah keturunan dari orang-orang Pelasgian. Suku Pelasgian ini kemungkinan adalah penduduk yang paling tua di Yunani, Epirus dan Makedonia (Rev. Connnop Thirlwall, History of Greece; p.44).

Dalam daftar bangsa-bangsa di Alkitab, nampak bahwa orang Filistin muncul dari keturunan Misraim anak Ham anak kedua dari Nuh, [11] tertulis, “orang Patrusim, orang Kasluhim dan orang Kaftorim; dari mereka inilah berasal orang Filistin.” Orang Kaftorim ini berasala dari pulau Kreta, Yunani.[12] Yermia mencatat bahwa suku yang berasal dari kaftor ini akan dibinasakan oleh Allah [13]

Orang harus tahu bahwa di jaman Purba suku Palestina ini semula pendatang yang membinasakan orang awi di jalur gaza dan kemudian merebut dan menempatinya[14] orang-orang Filistin bukanlah keturunan Abraham. Dan karena orang Filistin bukanlah suatu suku Semetik/Semetic race, (akar kata dari Sem, anak Nuh yang pertama) maka mereka bukanlah keturunan Ismail atau juga Esau. Tahun 1250 BC, orang Filistin imigran dari Kreta ke Mesir. Orang Mesir memanggil mereka Pulister (atau Peleset atau Purasati) artinya “orang-orang tidak bersih” (the unclean ones). Dan tahun 1176 BC, Ramses Firaun III mengusir mereka dari Mesir ke seberang Wadi El Arish dan ke tempat yang dikenal sekarang sebagai Garis Gaza.[15]  Banyak orang tidak pernah belajar sejarah sehingga sudah lama salah asuh tentang Palestina ini.

Tidak ada sejarah bangsa-bangsa seunik Israel,  bagaimana Allah Sang Pencipta langit dan bumi intervensi sejarah di dalamnya secara detil, rinci dan terformat rapi.  Ia memberi makan secara kasat mata dengan menurunkan manna dari langit.[16] Hanya bangsa Israel dalam sejarahnya mengalami penyertaan Tuhan secara spektakuler melalui  tiang awan dan tiang api. [17] demi kemenangan peperangan bangsa Israel Tuhan bersedia menghentikan matahari dan bulan[18] Allah melempari musuh Israel dari langit dengan batu-batu yang besar[19] Masih banyak hal-hal yang luar biasa yang Tuhan adakan seperti membebaskan bangsa Israel dari perbudakan mesir dengan sepuluh Tulah sehingga Firaun harus menyerah kalah dan tidak berdaya.

Harus dipahami Israel memiliki kefanatikan agamanya tingkat dewa! Kepercayaan Yahudi inilah yang melahirkan muslim dan Kristen kedua-duanya adalah keturuan Abraham dimana Keturunan Ishak sebagai anak Perjanjian melahirkan generasi Kristus Yesus. Dimana orang-orang Kristen terhisap di dalamnya. Namun demikian Israel sekarang tidak identik dengan kekristenan.  Sementara gundik  Abraham yakni Hagar yang merupakan budak dari Mesir[20] melahirkan keturunan Ismael sebagai nenek moyang orang Arab yang akan melahirkan bangsa yang lakunya seperti keledai liar yakni bangsa yang selalu melawan saudara-saudaranya sendiri dan orang lain. [21]

Allah Sang Pencipta langit bumi adalah Allahnya Abraham, Ishak dan Yakub! Nama Yakub inilah merupakan cikal bakal nama Israel.[22] Nama Ini diperoleh oleh Yakub ketika ia bergumul di sungai Yabok dengan seorang yang tidak dikenalnya yang kemudian diketahuinya sebagali MALAIKAT TUHAN.  Israel memiliki arti pejuang Allah. Sampai kapanpun nama Israel akan tetap menjadi pejuang untuk membuktikan Allah Sang Pencipta ada dipihak mereka. Kefanatikan agama Yahudi tidak pernah luntur dari dulu sampai sekarang sebagai bukti bahwa mereka telah menemukan Allah yang benar. Klaim mereka sebagai bangsa pilihan juga ditegaskan dibeberapa kitab suci dengan istilah kaum yang dilebihkan, umat milik Allah sendiri dan biji mata Tuhan.

Keyakinan Israel yang kokoh akan kehadiran Tuhan membuatnya memiliki nyali yang sangat agresif  terhadap segala sesuatu yang menyerang negaranya. Ketika Indonesia diketahui menolak visa Yahudi maka secara spontan langsung ungkapan kemarahan sebagai balas dendam maka visa Indonesia ditolaknya juga. Mungkin bagi bangsa Israel hanya rugi 53 orang saja tetapi satu setengah juta manusia akan terbengkalai setiap tahunnya tidak bisa mengunjungi tanah Perjanjian. Jerusalem dianggap kota suci tiga agama besar di dunia baik Yahudi, Kristen dan Muslim, sehingga akan menjadi daya tarik tersendiri dibanding negara manapun di dunia. Yerusalem adalah kota yang memiliki hubungan spiritual yakni masalah hati yang tidak bisa digantikan oleh apapun juga.  

Orang harus tahu bahwa Israel khususnya Yerusalem merupakan pusat  dunia.[23] Allah telah menyiapkan bangsa ini dengan segala kekayaan yang dimilikinya untuk hadir di pusat bumi.[24] Allah sengaja membuat skenarioa bahwa  Israel akan menjadikan bangsa-bangsa menjadi pening.  Zakharia mengatakan :  "Sesungguhnya Aku membuat Yerusalem menjadi pasu yang menyebabkan segala bangsa di sekeliling menjadi pening; juga Yehuda akan mengalami kesusahan ketika Yerusalem dikepung.[25] Allah sendiri mempersiapkan perang dunia terakhir tidak dimulai dari Eropa, Asia atau benua Amerika melainkan dari Timur Tengah khususnya Israel dengan membiarkan kebencian yang luar biasa terhadap bangsa Yahudi karena agama.

Allah sengaja menyetting semua mata dunia terarah ke Israel bukan saja karena merupakan pusat bumi melainkan tempat dimana kuasa Allah akan menyatakan kekuasaanNya dengan kedatangan Yesus yang kedua kalinya. Yesus Kristus akan datang dan menginjakkan kaki di bukit Zaitun seperti yang dikatakan oleh malaikat Dia akan datang dengan cara yang sama.[26] Nabi Zakharia menegaskan cara Tuhan datang : Pada waktu itu kaki-Nya akan berjejak di bukit Zaitun yang terletak di depan Yerusalem di sebelah timur. Bukit Zaitun itu akan terbelah dua dari timur ke barat, sehingga terjadi suatu lembah yang sangat besar; setengah dari bukit itu akan bergeser ke utara dan setengah lagi ke selatan.[27]

Karena keunikan bangsa yang merupakan karya Allah ini membuat bangsa ini memiliki nyali besar menghadapi bangsa-bangsa di dunia termasuk sikap agresif terhadap penolakan visa Yahudi oleh bangsa Indonesia. Sebagai orang percaya kita harus merenung fenomena ini tidak terjadi begitu saja melainkan berada dalam kerangkanya Tuhan sendiri. Untuk itu kita perlu merenungkan bahwa :

Pertama Inilah tanda bahwa Tuhan sudah membuka mata eksistensi Israel di mata rakyat dan pemerintah Indonesia. Jika selama ini Indonesia hanya melihat dari sisi negatif sebagai negara zionis saja. Namun jika pemblokiran itu terjadi secara berkelanjutan maka yang susah adalah Indonesia itu sendiri. Namun demikian kita perlu berdoa supaya Indonesia tidak sampai mengutuk negara Yahudi inii seperti di zaman Orba yang akhirnya jatuh.  Karena apa yang Allah ucapkan akan tetap di genapi, “Aku akan memberkati orang-orang yang memberkati engkau, dan mengutuk orang-orang yang mengutuk engkau, dan olehmu semua kaum di muka bumi akan mendapat berkat.[28] Karena harus dipahami tidak ada bangsa manapun di dunia ini yang mengadakan hubungan yang baik dengan Israel menjadi negara miskin dan terbelakang. Siapapun yang memberkati Israel dengan hubungan diplomatik maka negara tersebut akan diberkati oleh Tuhan sendiri. Kita tidak tahu apa rencana Tuhan dalam hal ini namun demikian rencana Tuhan pasti mendatangkan yang terbaik.

Hal yang kedua yang menjadi renungan kita bahwa orang percaya dihisapkan atau dicangkokkan sebagai pokok zaitun asli yakni Israel. [29] Memang harus dipahami Yesus Kristus datang untuk menyelamatkan bangsa pilihanNya yakni suku Israel. Namun Ia memiliki opsi ke dua jika bangsa Israel menolaknya maka keselamatan itu turun atas bangsa-bangsa lain termasuk orang Indonesia. Mengingat keselamatan yang sungguh -sungguh bernilai dalam kehidupan kita maka seharusnya kita mengerjakannya dengan sungguh-sungguh.[30] Kekristenan adalah pengganti Israel secara rohani, seharusnya menjadi kebanggaan bagi orang percaya.  Paulus mengatakan: Tetapi orang Yahudi sejati ialah dia yang tidak nampak keyahudiannya dan sunat ialah sunat di dalam hati, secara rohani, bukan secara hurufiah. Maka pujian baginya datang bukan dari manusia, melainkan dari Allah.[31] Orang percaya memiliki Allah yang sama, seperti Israel yakni Allah Abraham Ishak dan Yakub. Pemazmur mengatakan : “Berbahagialah bangsa, yang Allahnya ialah TUHAN, suku bangsa yang dipilih-Nya menjadi milik-Nya sendiri![32]

Hal yang ketiga yang penting menjadi renungan bahwa konfrontasi penolakan visa ini tidak terjadi di luar kehendak Allah. Semua berada dalam settingannya Tuhan sendiri. Dengan demikian eksistensi negara yang dianggap zionis ini akan lebih nyata di pemandangan masyarakat Indonesia. Mau tidak mau mereka memiliki kepentingan dengan adanya Mesjid Al Aqsa akan berpikir dua kali. Penolakan terhadap negara kecil ini akan berakibat kehilangan tempat yang tidak bisa dikunjunginya. Disamping hal tersebut penggenapan perjanjian Tuhan bahwa Israel akan beribukota di Yerusalem telah digenapi dengan keputusan Donal Trum sebagai Presiden Amerika yang tanggal 26 desember 2017 akan segera memindahkan kedutaannya ke Yerusalem. Perpindahan ini  terjadi ketika kemerdekaan Israel yang ke 70 tahun. Ketika dihadapkan dengan kritik terhadap klaim Israel terhadap kota suci tersebut, Perdana Menteri Menachem Begin menjawab, “Kami tidak menyatakan Yerusalem sebagai ibu kota kami, Raja Daud telah mendeklarasikannya 3.000 tahun yang lalu!” Demi Zion, aku tidak akan diam; dan demi Yerusalem, aku tidak akan beristirahat; sampai kebenarannya memancar seperti cahaya, dan keselamatan seperti obor yang menyala.[33] Melalui peristiwa penggenapan kebenaran ini maka setiap orang percaya harus sadar bahwa kedatanganNya sudah dekat. Amin This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

 

 

 


[1] https://travel.kompas.com/read/2018/05/31/202100627/wisatawan-indonesia-dilarang-ke-israel-ini-kerugiannya

[2] Keadaan kahar (bahasa Perancis: force majeure yang berarti "kekuatan yang lebih besar") adalah suatu kejadian yang terjadi di luar kemampuan manusia dan tidak dapat dihindarkan sehingga suatu kegiatan tidak dapat dilaksanakan atau tidak dapat dilaksanakan sebagaimana mestinya.[1]

[4]  Kitab Yesaya merupakan salah satu bagian dalam Perjanjian Lama. Penamaan kitab ini didasarkan pada seorang nabi besar yang hidup di Yerusalem dalam bagian kedua abad kedelapan s.M.. Nama Yesaya diambil dari bahasa Ibrani: ישׁעיהו Yeshayahu atau Yəša‘ăyāhû, yang berarti “Penyelamatan Yahweh”.

[5]  Yesaya 66:8 “Siapakah yang telah mendengar hal yang seperti itu, siapakah yang telah melihat hal yang demikian? Masakan suatu negeri diperanakkan dalam satu hari, atau suatu bangsa dilahirkan dalam satu kali? Namun baru saja menggeliat sakit, Sion sudah melahirkan anak-anaknya

[7]  Zionisme (Ibrani: צִיּוֹנוּת, translit. Tsiyonut) adalah gerakan nasional orang Yahudi dan budaya Yahudi yang mendukung terciptanya sebuah tanah air Yahudi di wilayah yang didefinisikan sebagai Tanah Israel.

[8]  Zakharia 2:8 siapa yang menjamah kamu, berarti menjamah biji mata-Nya.

[9]  Yesaya 31:5

[10]  Kejadian 15:18

[11] Kejadian 10,13,14  Misraim memperanakkan orang Ludim, orang Anamim, orang Lehabim, orang Naftuhim,  orang Patrusim, orang Kasluhim dan orang Kaftorim; dari mereka inilah berasal orang Filistin

[12] https://senjatarohani.wordpress.com/2008/06/24/suku-filistin-dan-suku-palestina-samakah/

[13]  Yeremia  47:4 . Sungguh, TUHAN akan membinasakan orang Filistin, yakni sisa orang yang datang dari pulau Kaftor.

[14] Ulangan 2:23 – Juga orang Awi yang diam di kampung-kampung sampai Gaza, dipunahkan oleh orang Kaftor yang berasal dari Kaftor, lalu orang Kaftor itu menetap di sana menggantikan mereka.

[15] https://senjatarohani.wordpress.com/2008/06/24/suku-filistin-dan-suku-palestina-samakah/

[16]  Keluaran 16:4 Lalu berfirmanlah TUHAN kepada Musa: "Sesungguhnya Aku akan menurunkan dari langit  hujan roti  bagimu; maka bangsa itu akan keluar dan memungut tiap-tiap hari sebanyak yang perlu untuk sehari, supaya mereka Kucoba  apakah mereka hidup menurut hukum-Ku atau tidak.

[17]  Keluaran 13:21 TUHAN berjalan di depan mereka, pada siang hari dalam tiang awan 1  untuk menuntun mereka di jalan, dan pada waktu malam dalam tiang api untuk menerangi mereka, sehingga mereka dapat berjalan siang dan malam.

[18] Yosua  10:12 Lalu Yosua berbicara kepada TUHAN pada hari TUHAN menyerahkan orang Amori itu kepada orang Israel; ia berkata di hadapan orang Israel: "Matahari, berhentilah di atas Gibeon dan engkau, bulan, di atas lembah Ayalon!"

[19] Yosua  10:11 Sedang mereka melarikan diri di depan orang Israel dan baru di lereng Bet-Horon, maka TUHAN melempari mereka dengan batu-batu besar dari langit, sampai ke Azeka, sehingga mereka mati. Yang mati kena hujan batu itu ada lebih banyak dari yang dibunuh oleh orang Israel dengan pedang.

[20] Orang *Mesir, *gundik dan hamba *Abraham, yang melahirkan *Ismael (Kej. 16:1-4), namun ia diusir ke *padang gurun oleh *Sarai, istri Abraham, yang cemburu. Dengan penafsiran alegoris, hal ini digunakan oleh Paulus (Gal. 4:21-31) untuk menegaskan bahwa agama *Taurat adalah suatu bentuk perhambaan, yang ditolak oleh umat Kristen, karena daripadanya mereka telah dimerdekakan.

[21]  Kejadian 16:12 Seorang laki-laki yang lakunya seperti keledai  liar, demikianlah nanti anak itu; tangannya akan melawan tiap-tiap orang dan tangan tiap-tiap orang akan melawan dia, dan di tempat kediamannya ia akan menentang semua saudaranya. "

[22]  Kejadian 32:28  Lalu kata orang itu: "Namamu tidak akan disebutkan lagi Yakub, tetapi Israel, sebab engkau telah bergumul melawan Allah dan manusia, dan engkau menang."

[23] Yehezkiel 5:5 (BIS) Tuhan Yang Mahatinggi berkata: "Lihat, inilah Yerusalem. Kota ini Kutempatkan di pusat dunia, dengan negara-negara lain di sekelilingnya."

[24] Yehezkiel  38:12b "... umat-Ku yang dikumpulkan dari tengah bangsa-bangsa. Mereka sudah mempunyai ternak dan harta benda dan mereka diam di pusat bumi."

[25]  Zakharia 12:2

[26]  Kisah Rasul 1:1-11

[27]  Zakharia 14:4

[28]  Kejadian 12:3

[29] Roma  11:24 Sebab jika kamu telah dipotong sebagai cabang dari pohon zaitun liar, dan bertentangan dengan keadaanmu itu kamu telah dicangkokkan pada pohon zaitun sejati, terlebih lagi mereka ini, yang menurut asal mereka akan dicangkokkan pada pohon zaitun mereka sendiri.

[30] Filipi  2:12 Hai saudara-saudaraku yang kekasih, kamu senantiasa taat; karena itu tetaplah kerjakan keselamatanmu dengan takut dan gentar, bukan saja seperti waktu aku masih hadir, tetapi terlebih pula sekarang waktu aku tidak hadir,

[31] Roma 2:29

[32]  Mazmur 33:12

[33] Yesaya 62:1 

Bagikan postingan..

Submit to DeliciousSubmit to DiggSubmit to FacebookSubmit to Google BookmarksSubmit to StumbleuponSubmit to TechnoratiSubmit to TwitterSubmit to LinkedIn
   
FacebookTwitterGoogle BookmarksPinterest
   
Copyright © 2013 Holy Spirit Ministry. Jl. Gading Griya Lestari F III No.9 Jakarta Utara
Telp. 08176771900 / 0816706262, 085310205759, 081319997803, 02170363030, 08129497950, 082111120109
Designed by DwimShop.com All Rights Reserved.