Facebook

Twitter

Google Plus

YouTube

Translate  

   

Login Form  

   

Photos Gallery  

   

Statistik  

Hari Ini1049
Kemarin1356
Minggu Ini3683
Bulan Ini19564
Total Pengunjung1093118

IP Kamu 54.172.234.236 Wednesday, 17 July 2019

Guests : 24 guests online Members : No members online
   

GBI Holy Spirit  

Setiap Hari Minggu
Jam 16.00 WIB
(MULAI APRIL 2019)
 
RUKO PASAR MANDIRI LANTAI 2 BENGKEL MOBIL NEW MAJU JAYA
 BLOK M4C NO 32C-32D SEBELUM APATERMEN THE SUMMIT
KELAPA GADING - JAKARTA UTARA - DKI JAKARTA 
Gembala Sidang :
Pdt. Timotius Bakti Sarono,M.Th
Hubungi :
Email : tbsarono@gmail.com
PIN BB : 57FBC4AB
Twitter : @timbsarono
FB : Timotius Bakti Sarono
Instagram timotiusbaktisarono
 
 
 
   

Donasi  

 
 
 
BCA. NOMOR REKENING :
0013075007
HOLY SPIRIT MINISTRY

...orang benar memberi tanpa batas (Amsal 21:26)

 

 
   

Chating  

   

FB Timotius Bakti Sarono  

   

 

FENOMENA YESUS BUKAN TUHAN

Pdt. Dr. Timotius Bakti Sarono

 

 

Manusia paling kontroversial sepanjang sejarah dunia adalah Yesus Kristus dari Nazaret Putra Maria. Eksistensi diri yang sangat misterius masih menjadi perdebatan sengit  dari sebelum Masehi sampai di era digital ini dan sangat masif. Esensi dan subtansinya menjadi eforia[1]  perdebatan dibanding jalinan cinta dan kasih mesra  diantara sesama. Rata-rata orang yang demam  ngebacot[2] tentang doktrin-Nya- biasanya mene-mene tekel ufarsin[3]. Orang harus sadar kita dipanggil untuk mencintaiNya serta membara dalam kerinduan dan harmoni dalam pola pikir juga  tutur kata bukan resek[4] akan hakekatNya yang sering di luar nalar. Karena ranah doctrinal merupakan etalase diri dimana soal menang-menangan dalam arogansi diri, sok pintar dan lebih dari yang lain adanya disini. Masing-masing teolog seolah-olah the best of the best dibanding yang lainnya dalam berargumen serta menampilkan “show up[5] pola pikir dan persepsi diri.

 

Bukan kita tidak boleh memberi jawab atas praduga kesesatan pendeta lain tapi mekanismenya ngga perlu membabi buta hingga menciptakan tranding topik sengit dan memalukan! Saling cerca, sumpah serapah, perseteruan dan percideraan membahana seantero jagad media sosial.  Dengan menunjukkan ajaran-ajaran bapak gereja dimasa silam seperti Athanasius, Arius, agustinus, konsili-konsili dan masih banyak lagi, seolah-olah dirinya punya pengetahuan luas. Namun sejatinya biar orang melihat dirinya punya nilai akan pengetahuan yang mumpuni[6]. Inilah  model orang-orang  yang bukan rendah hati melainkan arogansi. Dimanakah Kasih kristus dikalangan pemimpin Rohani? Adakah mereka sudah disulap menjadi orang-orang  Farisi dan ahli Taurat yang hatinya penuh doktrin dan kehilangan kelemahlembutan dan sederetan buah roh? Dia Tuhan di hati atau hantu di hati? Jika engkau tidak dapat menemukan Tuhan di dalam diri orang lain jangan pernah mencariNya di buku  manapun engkau pasti tidak akan menemukannya.

Memang harus dipahami sejak kehadiranNya dua ribu tahun yang silam, iblis gemetar melihat kehadiranNya. Ia merasuk dalam diri Herodes dan ngamuk bukan kepalang membabi buta membunuh bayi-bayi yang dianggapnya titisan[7] Tuhan. Kemana Yesus pergi iblis-iblis blingsatan[8] sebagian ketakutan merasa akan disiksa sebelum waktunya[9]. Sementara  lainnya tunggang langgang, terbirit-birit  minta pindah rumah “manjing”[10] pada kawanan babi-babi, kocar-kacir masuk jurang[11]. Sementara Malaikat naik turun sorga hanya untuk melayani Dia “Sang khalik” yang sedang beranjangsana di bumi ini. Sejak awal kehadiranNya melalui malaikat Gabriel serta paduan suara Malaikat di Efrata menggegerkan para gembala[12]

  Fenomena kehadiran malaikat terjadi sesudah kemenanganNya atas pencobaan iblis, Malaikat serentak turun  dari Sorga datang khusus melayaniNya[13]. Orang harus ingat saat kesedihan mendalam, stress dasyat yang memecahkan pori-pori sehingga keringatNya seperti tetesan darah, malaikat khusus datang untuk mendampinginya memberi kekuatan[14]. Intervensi malaikat terus berlanjut saat kebangkitanNya dengan memberikan informasi : Ia tidak ada di sini, sebab Ia telah bangkit, sama seperti yang telah dikatakan-Nya. Mari, lihatlah tempat Ia berbaring[15].Paling akhir kehadiran makluk supranatural itu pada saat kenaikanNya ke sorga yang dihadiri oleh malaikat yang mengejutkan para murid dalam keterperangahannya akan kenaikanNya. Dua malaikat dengan jubah putih ini berperan memberikan  informasi  bahwa Ia akan datang dengan cara yang sama[16].

Bukan saja malaikat dan setan yang heboh akan kehadirannya, Makluk astral[17] yang tidak lagi hidup di bumi ini juga hadir menjumpai Yesus. Mereka adalah nabi-nabi besar dalam Perjanjian lama yang mati dan tidak mati alias diangkat ke Sorga mendampingi Yesus dengan menampakkan kemulianNya[18]. Ini baru yang disebut sebagai makluk supranatural yang benar-benar natural. Yesus ingin menunjukkan diriNya adalah makluk spiritual yang memiliki pengalaman manusia bukan sekedar manusia yang memiliki pengalaman supranatural. Inilah standar kehidupan orang percaya yang  seharusnya menjadi manusia yang memiliki spiritualitas yang supranatural bukan natural!

Lebih dari semua kisah makluk supranatural yang ikut terlibat akan kehadiranNya. Allah Sang Pencipta hadir memberikan suara secara langsung dari SinggasanaNya dengan manifestasi burung merpati ketika Yesus Kristus dibaptis, dengan maklumat Yesus Kristus adalah satu-satunya pribadi yang berkenan dan layak didengar dan diikuti[19] . Hal ini belum pernah terjadi baik untuk orang awam maupun nabi manapun juga. Yesus secara terbuka menyatakan keberadaanNya dari kekekalan bahkan sebelum Abraham ada Yesus Kristus menyatakan bahwa eksistensinya sudah ada[20]

Mau dikata apa kehadiranNya menjungkirbalikkan tatanan ilmu kedokteran di zanmanNya.  Penyakit yang bisa disembuhkan dengan berbagai obat-obatandalam kurun waktu yang lama tiba-tiba saja bisa sembuh dalam hitungan detik[21]. Bahkan penyakit yang tidak bisa disembuhkanpun, bagi Yesus cukup satu patah kata,[22] ada juga yang hanya satu kalimat dosamu sudah diampuni[23]. KehadiranNya menjadi harapan baru bagi masyarakat di zamanNya karena seluruh kebutuhannya baik jasmani dan rohani seolah-olah ditemukan di dalam diri Yesus Kristus.   Soal mujizat jangan lagi diragukan, berat jenis air tidak mampu menenggelamkannya sehingga Ia dapat berjalan di atas air[24].  Gelombang dan badai tunduk akan perintahNya[25]bahkan  Orang yang sudah mati 4 hari yang  sudah bau anyir dan menyengat dibangkitkanNya[26] . Masih segudang mujizat yang tidak perlu dikupas disini kehadiranNya menunjukkan Level Sang Pencipta sehingga tidak perlu diragukan akan seluruh aktifitas “supranatural” yang dilakukanNya di bumi. Ingat Dia bukan proyeksi imajinasi melainkan realitas kehidupan yang setingkat Allah sendiri. Dia bukan mondar-mandir di bumi untuk secuil dokma tentang EsensiNya melainkan untuk dicinta dan dikasihi agar semua orang percaya menyatu dalam KeIlahianNya.  

Memang Alkitab tidak mencatat secara rinci kehidupan Yesus, hanya pada masa kecilnya dan dewasa, ada masa-masa “blank” yakni masa tidak diberitakan oleh Alkitab. Baru sejak usia 30 tahun Ia hadir mendemontrasikan hikmat, kuasa dan memperkenalkan Kerajaan Allah sampai tiga setengah tahun kemudian Ia terangkat ke Sorga. KehadiranNya menjernihkan keruhnya alam supranatural dan mencelikkan mata orang buta dan mengecam keras tokoh-tokoh agama yang bisanya hanya “ngebacot” doang[27] tanpa tindakan kasih yang nyata atas sesama. Jika melihat orang lain kedapatan salah tidak ubahnya orang farisi ramai-ramai menghakiminya dan memvonis sesat atau najis. Bukan supaya orang tersebut bertobat melainkan mempermalukannya di depan umum persis seperti perempuan yang kedapatan berzinah[28]. Untuk itulah Yesus tidak pernah akrab dan kompromi dengan orang Farisi dan ahli Taurat yang menjijikkan dalam tingkah polahnya.  Hal ini terjadi karena antara kata dan tindakan tidak ada sinkronisasinya persis pencipta tranding topik doktrinalisasi.  Statusnya tahu kebenaran tetapi kelakuannya liar tanpa batas setengah setan tiga perempat iblis. Tidak heran Yesus mengecam dengan perkataan-perkataan yang keras yang menyakitkan[29].

Fakta dilapangan membuktikan bahwa sejarah hidup Yesus diselimuti etika tingkat tinggi dan belum pernah ada orang bisa menyamainya. Kerendahan hati dan sopan santun yang terbukti melalui perkataannya mampu meneduhkan hati dan meluluhlantakkan orang selevel zakheus dan perempuan Samaria. Ia Tidak pernah sekalipun menyakiti orang lemah bahkan lebih dari itu Ia menyembuhkan setiap penyakit dan memberi makan banyak orang dengan mujizat dari tanganNya sendiri.

 HikmatNya tidak dapat diragukan lagi para tokoh-tokoh agama dibuatnya tidak berdaya dan tak mampu membantahnya meski dengan  satu katapun mereka total kicep. Jadi dapat disimpulkan meragukan KeTuhan Yesus Kristus bukan saja tindakan bodoh yang tanpa pengertian melainkan merupakan wujud manifestasi kebutaan produk Iblis. Seharusnya tidak ada alasan yang sangat beralasan untuk menolak KeilahianNya dalam bentuk aliran kepercayaan manapun termasuk agama Yahudi. Hal ini harus menjadi pemahaman serius karena penolakan akan pribadi yang satu ini akan akan menyesal dikemudian hari dalam kekekalan nanti persis akhir hidup orang kaya dan lazarus[30]

AjaranNya tidak pernah memerintahkan manusia hidup dalam perzinahan dengan mengizinkan poligami dan poliandri, apalagi perkawinan sejenis. Tidak pernah terucap dalam hidupnya mengajarkan membalas kejahatan dengan kejahatan, apalagi memerintahkan membunuh sesama makluk ciptaan. Bahkan mengatakan kafir kepada orang lain seperti sering kali diucapkan orang,  berarti menempatkan dirinya calon penghuni neraka[31]. Kalau saja Yesus Kristus beragama Kristen maka tidak ada agama yang bisa menandingi agama yang diciptakan oleh Yesus, sayang sekali Dia bukan pendiri agama karena Dia melebihi ajaran agama apapun. Agama bisa mengajarkan hal yang salah tetapi Yesus yang berkata Akulah kebenaran tidak pernah salah. Agama apapun bisa mempercayai Dia dan tidak harus terkukung dalam agama Kristen saja. Kristus untuk semua bangsa dan kepercayaan. Ini membuktikan bahwa Ia adalah Tuhan yang layak disembah.

Dia tidak perlu dikatakan lebih rendah dari Bapa realitas yang ada Ia merendahkan diriNya menjadi sama seperti manusia sampai mati sebagai bukti ketaatanNya. Bahkan Dia mengangap hanya sebagai utusan dan hanya melakukan yang Bapa perintahkan[32]! Dia menganggap sebagai hamba yang melayani bukan dilayani. Tidak perlu orang bicara bahwa Dia bukan Tuhan karena realitasnya Ia manusia biasa yang terdapat keterbatasan tidak tahu kapan Ia akan datang[33].  Dia bukan superman atau kapten Amerika yang tahan banting dengan tubuh kebal apapun.  Realitasnya usai pelayananpun Ia sangat  kelelahan dan tertidur di buritan kapal[34]. Sebagai manusia biasa Ia menunjukkan solidaritasnya ketika melihat dukacita Maria dan Marta yang ditinggal mati saudara laki-lakiny Lazarus, Ia juga meneteskan air mata dukacita[35] namun keIlahianNya membangkitkan kematian.

 KehadiranNya sangat membumi dan memahami sepenuhNya akan kebutuhan manusia. Dia bukan Allah yang sedang berjalan-jalan sebagai manusia melainkan memang Dia Pria sejati . Dia juga bukan manusia yang sedang berjalan-jalan sebagai Tuhan melainkan Dia adalah Tuhan sepenuh dan manusia sepenuhnya, itulah hakekat yang sebenarnya.  Bayangkan saja jika Yesus bukan manusia melainkan Allah yang sedang menyamar sebagai manusia maka tuntutan  harus menjadi seperti diriNya maka hal itu sangat mustahil[36] dan omongan kosong. ~Yesus tidak pernah memerintahkan segala sesuatu yang tidak bisa dilakukan oleh manusia. Ia membuktikan sebagai manusia yang sanggup melakukan kehendak Bapa maka setiap orang percaya harus berfocus pada karakterNya bukan doktrinNya.

Bukan tidak boleh belajar tentang eksistensinya namun jika hal itu mendatangkan kebencian dan kemarahan, maka semuanya tidak ada artinya bahkan sia-sia. Kebenaran diberikan oleh Tuhan untuk membebaskan kita dari jerat iblis yakni kesombongan dan arogansi diri. Orang percaya harus rendah hati dapat memahami orang lain dan selalu “on fire” dalam Roh Kudus untuk saling mencinta sehingga iblis tidak memiliki landasan di dalam diri kita. Amin

 



[1] Euforia (pronunciation: engarkani/juːˈfɔːriə/) adalah perasaan nyaman atau perasaan gembira yang berlebihan.[1] Beberapa hadiah alami dan aktivitias sosial, seperti latihan aerobik, tertawa, mendengarkan atau membuat musik, serta berdansa, dapat menyebabkan euforia. https://id.wikipedia.org/wiki/Euforia

[2] Bacot : memiliki 1 arti. Bacot memiliki arti dalam kelas nomina atau kata benda sehingga bacot dapat menyatakan nama dari seseorang, tempat, atau semua benda dan segala yang dibendakan. Bacot termasuk dalam ragam bahasa kasar. Bacot masuk ke dalam bahasa gaul atau bahasa ABG yaitu ragam bahasa Indonesia nonstandar yang lazim digunakan oleh anak muda. Sintaksis dan morfologi ragam ini memanfaatkan sintaksis dan morfologi bahasa Indonesia. https://apaarti.com/arti-kata/bacot.html

[3] Daniel 5:26-27 Dan inilah makna perkataan itu: Mene: masa  pemerintahan tuanku dihitung oleh Allah dan telah diakhiri; Tekel: tuanku ditimbang dengan neraca  dan didapati terlalu ringan

[4] resek1/re·sek/ /résék/ cak v usil; mencampuri urusan orang lain-https://kbbi.web.id/resek

[5] Show up berarti menampakkan, memperlihatkan diri ke atas (https://www.babla.co.id/bahasa-inggris-bahasa-indonesia/show-up)

[6] Arti: mampu melaksanakan tugas dengan baik (tanpa bantuan orang lain); menguasai keahlian (kecakapan, keterampilan) tinggi

 

[7] Titisan secara bahasa bermakna "sesuatu yang menitis atau menetes". Titisan air hujan sama artinya dengan tetesan air hujan. Artinya, dalam kata "titisan" terkandung tiga pihak: ada sumber titisan, substansi titisan, dan objek titisan. Dalam titisan atau tetesan air hujan: ada sumber hujan, air hujan itu sendiri, dan obyek yang ditetesi air hujan (https://www.kompasiana.com/harjasaputra/54f6846fa333116a7d8b4ea0/semua-manusia-adalah-titisan-tuhan-ada-yang-salah

[8] blingsatan : tidak tenang (krn perasaan takut, khawatir); gelisah: pencuri yg tertangkap itu tampak — ketika orang-orang mulai berdatangan melihatnya (https://azkamus.com/dictionary/blingsatan/)

[9] Matius 8:28b Dan mereka itupun berteriak, katanya: "Apa urusan-Mu dengan kami, hai Anak Allah? Adakah Engkau ke mari untuk menyiksa kami sebelum waktunya?"

[10] Ada sebagian kata yang umum dipakai oleh orang Banyumas tetapi tidak digunakan oleh orang Bumiayu. misalnya kata masuk, kata yang biasa dipakai oleh orang Banyumas adalah mlebu tetapi orang Bumiayu memakai kata manjing, kedua kata tersebut sama-sama bahasa Jawa dan memiliki arti yang sama yaitu masuk kedalam ruangan.sumber https://id.wikipedia.org/wiki/Dialek_Bumiayu

[11] Matius 8:31 Maka setan-setan itu meminta kepada-Nya, katanya: "Jika Engkau mengusir kami, suruhlah kami pindah ke dalam kawanan babi itu."

[12] Lukas 2:8-29 gembala dipadang efrata

[13] Matius 4:11 ..lihatlah malaikat-malaikat datang melayani Yesus

[14] Lukas 22:43 Maka seorang malaikat dari langit menampakkan diri kepada-Nya untuk memberi kekuatan kepada-Nya.

[15] Matius 28:6

[16] Kisah rasul 1:11 dan berkata kepada mereka: "Hai orang-orang Galilea, mengapakah kamu berdiri melihat ke langit? Yesus ini, yang terangkat ke sorga meninggalkan kamu, akan datang kembali v  dengan cara yang sama seperti kamu melihat Dia naik ke sorga."

[17] Makhluk gaib, yang disebut juga Makhluk halus, Makhluk yang tak kasat mata, atau Makhluk astral adalah istilah yang digunakan untuk menyebut makhluk hidup yang eksistensinya tidak dapat dijangkau oleh panca indra Manusia. Kata makhluk berasal dari kata bahasa Arab yang berarti "yang diciptakan" dan "Ghaib" yang artinya "tidak tampak". Sehingga ghaib disini maksudnya adalah apabila dilihat dari sudut pandang (indra) Manusia terhadap makhluk-makhluk tersebut.sumber  https://id.wikipedia.org/wiki/Makhluk_gaib

[18] Matius 17:1-13 Yesus dipermuliakan di atas gunung

[19] Matius 3:13-17 alu terdengarlah suara dari sorga  yang mengatakan: "Inilah Anak-Ku  yang Kukasihi, kepada-Nyalah Aku berkenan.  "

[20] Yohanes 8:58 Kata Yesus kepada mereka: "Aku berkata kepadamu, sesungguhnya sebelum Abraham jadi,  Akutelah ada

[21] Lukas 8:43-48 yesus menyembuhkan wanita pendarahan 12 tahun,

[22] Lukas 7:7 sebab itu aku juga menganggap diriku tidak layak untuk datang kepada-Mu. Tetapi katakan saja sepatah kata, maka hambaku itu akan sembuh

[23]  Lukas 5:17-25 Yesus menyembuhkan orang lumpuh

[24] matiujs 14:22-33 Yesus berjalan di atas air

[25] Lukas 8:22-25, Yesus meneduhkan angina ribut

[26] Yohanes 11:1-44  kisah lazarus dibangkitkan

[27] Arti kata doang menurut KBBI doang [do·ang] Arti: hanya; saja
contoh: 'malam ini kita disuguhi kopi doang tanpa kue'(https://jagokata.com/arti-kata/doang.html

[28] Yohanes 8

[29]  Matiaus 23:1-34 Yesus mengecam orang farisi

[30] Lukas 16:30 awab orang itu: Tidak, bapa Abraham, tetapi jika ada seorang yang datang dari antara orang mati kepada mereka, mereka akan bertobat.

[31] Matius 5:22 Tetapi Aku berkata kepadamu: Setiap orang yang marah  terhadap saudaranya harus dihukum; siapa yang berkata kepada saudaranya: Kafir! harus dihadapkan ke Mahkamah Agama  dan siapa yang berkata: Jahil ! harus diserahkan ke dalam neraka i yang menyala-nyala.

 

[32] Yohanes 5:19 Maka Yesus menjawab mereka, kata-Nya: "Aku berkata kepadamu, sesungguhnya Anak tidak dapat mengerjakan sesuatu dari diri-Nya sendiri, jikalau tidak Ia melihat Bapa mengerjakannya; sebab apa yang dikerjakan Bapa, itu juga yang dikerjakan Anak.

[33] Markus 13:32 Tetapi tentang hari atau saat itu tidak seorangpun yang tahu , malaikat-malaikat di sorga tidak, dan Anakpun tidak, hanya Bapa  saja."

[34] Markus 4:38 Pada waktu itu Yesus sedang tidur di buritan di sebuah tilam. Maka murid-murid-Nya membangunkan Dia dan berkata kepada-Nya: "Guru, Engkau tidak perduli kalau kita binasa?"

[35] Yohanes 11:35 Maka menangislah e  Yesus

[36] 1 Yohanes 2:16 Barangsiapa mengatakan, bahwa ia ada di dalam Dia, ia wajib hidup sama seperti Kristus telah hidup

Bagikan postingan..

Submit to DeliciousSubmit to DiggSubmit to FacebookSubmit to Google BookmarksSubmit to StumbleuponSubmit to TechnoratiSubmit to TwitterSubmit to LinkedIn
   
FacebookTwitterGoogle BookmarksPinterest
   
Copyright © 2013 Holy Spirit Ministry. Jl. Gading Griya Lestari F III No.9 Jakarta Utara
Telp. 08176771900 / 0816706262, 085310205759, 081319997803, 02170363030, 08129497950, 082111120109
Designed by DwimShop.com All Rights Reserved.