Facebook

Twitter

Google Plus

YouTube

Translate  

   

Login Form  

   

Pelayanan Kami  

Pelayanan kami bergerak di Area Apostolik, Propetic, Shekinah gloria Manifestasi pelayanan Kristus kami tampilkan bukan sekedar wacana melainkan realita dengan kasih yang menguasai hati kami.

Pdm. Hiruniko Ruben, M.Th (Pengajaran dan Theologia)
Pdm. Matius M. Simorangkir, M.Th (Penggembalaan)
Ev, victor Hutagalung,S.Th   (Penginjilan)
082213725878

 

 

 

Senior Pastor :                         

Pdt. Timotius Bakti Sarono,M.Th, M.Pdk
0817 677 1900 / 081315309418
 
Pelayanan yang penuh kasih kami persembahkan untuk kemuliaan Tuhan saja!
 
   

Photos Gallery  

   

Statistik  

Hari Ini417
Kemarin506
Minggu Ini3245
Bulan Ini9681
Total Pengunjung620900

IP Kamu 54.83.81.52 Saturday, 20 January 2018

Guests : 45 guests online Members : No members online
   

GBI Holy Spirit  

Setiap Hari Minggu
Jam 10.00 WIB
(MULAI JANUARI 2018)
 
Hotel SANTIKA KELAPA GADING
 MAHAKA SQUARE BLOK HF 3 JL KELAPA NIAS RT 06 RW 06 KELAPA GADING BARAT
JAKARTA UTARA - DKI JAKARTA 
Gembala Sidang :
Pdt. Timotius Bakti Sarono,M.Th
Hubungi :
Email : tbsarono@gmail.com
PIN BB : 57FBC4AB
Twitter : @timbsarono
FB : Timotius Bakti Sarono
Instagram timotiusbaktisarono
 
 
 
   

Donasi  

 
 
INVESTASI KERAJAAN ALLAH
 
 
BCA. NOMOR REKENING :
0013075007
HOLY SPIRIT MINISTRY

...orang benar memberi tanpa batas (Amsal 21:26)

Hasil gambar untuk bri

023001045727503

TIMOTIUS BAKTI SARONO

 
   

Chating  

   

FB Timotius Bakti Sarono  

   

PUASA MENGHANCURKAN IBLIS

Pdt. Timotius Bakti Sarono,M.Th

 

  Ini bukan teori dukun atau ajaran para normal yang tidak normal tetapi menjadi suatu realitas “learning by doing not learning by thingking” memahami sesuatu kerena praktek dan bukan sekedar wacana saja! Agama itu bukan teori tetapi suatu praktek kehidupan atau jalan hidup yang harus dijalaninya bukan sekedar konsumsi otak dan segudang perdebatan yang malah bikin pusing kepala! Seperti air bisa berubah bentuknya menjadi es atau uap kalau didinginkan dan dipanaskan demikian juga suatu kebenaran menjadi realitas kalau sudah dipraktekkan dan dibakar dalam gairah spiritual!

Berangkat dari hal praktek inilah Alkitab berbicara puasa ia selalu berbicara soal perintah atau berbicara soal waktu berpuasa! Yoel 1:14 menyatakan Adakanlah puasa yang kudus, maklumkanlah perkumpulan raya; kumpulkanlah para tua-tua dan seluruh penduduk negeri ke rumah TUHAN, Allahmu, dan berteriaklah kepada TUHAN. Yesus sendiri mengatakan dengan jelasa bahwa : "Dan apabila kamu berpuasa, janganlah muram mukamu seperti orang munafik.
         Mereka mengubah air mukanya, supaya orang melihat bahwa mereka sedang berpuasa. Aku berkata berkata kepadamu: Sesungguhnya mereka sudah mendapat upahnya. (Mat 6:16). Harus diakui bahwa Yesus tidak memberikan perintah secara langsung untuk orang percaya melakukan ritual puasa! Yesus menyadari bahwa ada waktu para pemercaya dirinya akan melakukan puasa dengan kesadarannya sendiri! Untuk itulah Ia mengatakan apabila atau pada waktu yakni berbicara saat

Yakub mengajarkan bahwa ... seperti tubuh tanpa roh adalah mati, demikian jugalah iman tanpa perbuatan-perbuatan adalah mati (Yak 2:26). Iman yang dimaksud bukanlah soal kepemilikan sorga tetapi iman dalam mewujudkan Kristus dalam kehidupan sehari-hari. Sebagaimana Yesus memanggil Roh Lazarus, anak Yairus dan Pemuda di Nain dan serentetan mujizat yang lainnya maka iman yang disertai doa puasa akan menghancurkan kuasa kegelapan dengan sikap dan pengertian yang benar!

Ada beberapa jenis kuasa kegelapan yang tidak dapat diusir tanpa kuasa doa dan puasa! Yesus Kristus sendiri menyatakan bahwa Jenis ini tidak dapat diusir kecuali dengan berdoa dan berpuasa." ( Mat 17:21). Hal inilah yang terkadang membuat frustasi anak-anak Tuhan oleh karena buntunya masalah yang tidak pernah terurai akibat ketidak pengertiannya akan kebenaran. Puasa menghadirkan kuasa yang spektakuler yang menghancurkan gumpalan-gumpalan dosa dan kerasnya berbagasi macam ikatan belenggu apapun juga.

Inilah kisah seorang anak Tuhan yang sungguh nyata dan tidak sedikitpun terdapat kebohongan didalamnya. Pria dengan 3 anak ini mengalami frustasi yang sangat berat. Jerih payah banting tulangnya untuk menghidupi istri dan anak-anaknya dibalas pengkhianatan oleh istrinya dengan selingkuh dengan seorang pemuda. Dalam keadaan yang kalut, ia tidak mengerti sebab baginya istrinya segala-galanya. Ia baru saja ia mengenal Yesus dan dibaptis dan sangat mengasihi istrinya dan memberikan segala kepercayaan harta dan seisi rumahnya serta anak-anaknya!` Baginya ini malapetaka besar melebihi bangkrutnya sebuah perusahaan besar yang menjadi miliknya. Sementara usahanya menanjak seiring itu pula kemesraan istrinya dengan teman selingkuhnya semakin meningkat juga. Mau apa dikata suami ini konseling kepada seorang hamba Tuhan yang sebenarnya hamba Tuhan ini tidak memiliki jam terbang untuk menyelesaikan masalah perselingkuhan sang istri. Namun denan polosnya hamba Tuhan ini berkata saya puasa untuk bapak agar istrinya bertobat! Namun bapak ini berkata: “biarkan aku tidak lagi mengharapkannya, rupanya hatinya sudah seba istrinya sungguh-sungguh berkeras hati dan sudah mendaftarkan diri di sebuah gereja agar diberkati dengan pasangan selingkuhnya.

Sang hamba Tuhan berdoa dan berpuasa 3 hari 3 malam tidak makan dan tidak minum karena merasa memiliki beban akan keselamatan sang suami yang kecewa berat akan tingkah polah anak-anak Tuhan dan istrinya yang selingkuh didepan matanya. Bapak ini percaya dan membiarkan sang cowok itu datang karena dianggapnya seorang anak Tuhan yang baik, karena memang ia aktif ibadah dan getol Perjamuan Kudus! Selama 3 hari 3 malam nama sang lelaki sahabat selingkuhnya ini didoakan dengan isrinya dibawa oleh sang hamba Tuhan kepada Allahnya. Masalahnya dibingkai dalam penyembahan dan dibumbuhi kuasa Allah dan menengkingnya supaya bertobat. Memang harus diakui pengalaman seseorang tidak bisa dijadikan doktrin atau dokma bagi semua orang namun setidaknya bahwa doa dan puasa yang benar itu dapat mengubahkan keadaan atau setidaknya hati yang menyadari dirinya perlu bertobat!

Setelah puasa tiga hari dan tiga malam dengan tidak makan dan minum membuat sang lelaki sahabat selingkuh istrinya MR X ini gelisah dan segera menghampiri sang suaminya dan memohon maaf ia sudah bertindak ceroboh dan berzinah dengan istrinya. Ia datang dengan penyesalan dan rela menerima hukuman apapun juga. Masih untung suaminya mengampuninya, sekalipun ia tetap kehilangan istrinya tetapi ia melihat anak muda ini tahu kesalahannya. Kegelisahan sang pemuda ini harus dibayar dengan membawa dirinya menjumpai suaminya dan memohon maaf sejadi-jadinya! Namun sesudah peristiwa ini ia baru sadar mengapa saya datang kepada suaminya? Ada roh apa ya? Perbuatan bodoh sekali? Ia tidak sadar ada seseorang yang mendoakan akan ketidak tenangan rohnya selama ia terus dalam perselingkuhannya.

Hamba Tuhan yang mendoakan tersebut sudah memperingatkan gereja yang akan memberkatinya bahwa ia tidak layak diberkati digereja sebab wanitanya masih merupakan istri yang sah dari orang lain dan memiliki 3 anak yang kecil-kecil. Dasar gereja yang tidak peka terhadap kekudusan padahal ia sangat menekankan kekudusan berkata dengan mudahnya sang istri harus mencari surat cerai baru bisa diberkati. Dasar orang kaya yang bisa membeli apapun, jangankan surat cerai, kepala orang yang membuatnya saja bisa dibeli. Ia segera menunjukkan pihak gereja surat cerai dan diberkatilah perkawinan yang akhirnya berakhir dengan sangat amburadul karena dimulai dari tingkah polah yang amburadul juga.

Kisah diatas mengikatkan bahwa ada beberapa jenis persoalan dan kuasa yang tidak bisa diurai dengan hanya berdoa tetapi juga dengan puasa! Lorong-lorong roh seseorang bisa ditarik dengan doa dan puasa sehingga orang harus mengetahui betapa pentingnya berpuasa! Melalui puasa roh seseorang bertambah kuat sebab puasa yang bear akan memperhatikan kebutuhan rohnya danbukan kebutuhan fisikallynya. Setiap orang percaya harus memastikan ia mendapati bahwa rohnya memperoleh hal yang dibutuhkan. Apabila roh itu memastikan dirinya mendapati apa yang ia butuhkan maka akan membias keluar dan menerjang segala sesuatu yang mendukacitakan jiwa dan tubuh! Namun persoalannya selama ini bahwa yang memperoleh kemanjaan didalam diri seseorang fisiknya atau selera rendahnya.

Paulus menyatakan dengan jelas bahwa : “Maksudku ialah: hiduplah oleh Roh, maka kamu tidak akan menuruti keinginan daging. Sebab keinginan daging berlawanan dengan keinginan Roh dan keinginan roh berlawanan dengan keinginan daging – karena keduanya bertentangan -- sehingga kamu setiap kali tidak melakukan apa yang kamu kehendaki” (Gal 5:16-17). Tindakan memuaskan keinginan daging bukan saja mendatangkan malapetaka dalam setiap kehidupan tetapi juga mengurangi kekuatan roh seseorang. Roh manusia tidak memiliki kemampuan tersendiri untuk memenuhi dirinya atau daging seseorang juga tidak memiliki hak untuk merasa diri harus dimanjakan tetapi keduanya tergantung dari keinginan seseorang. Saat seseorang ingin membuat

Kenikmatan daging hanya akan melukai roh seseorang. Sehingga roh yang terluka tidak akan melakukan segala kegiatannya dengan normal. Jangankan melawan roh iblis, membenahi diri sendiri saja tidak akan memiliki kemampuan. Roh seseorang dengan kenikmatan dagingnya memiliki hubungan yang sangat erat. Bila kenikmatan dagingnya diberi makan dengan dosa dan selera duniawi maka secara otomatis rohnya mengalami kedukaan dan kelemahan sampai tahapan luka, tergores dan sakit dan mati! Sering kali ketika seseorang hanya terkonsentrasi kepada kenikmatan pancaindera ia hanya berkutat kepada diri sendiri sementara ketika ia mematikan daging maka ia bergerak diarena roh sehingga roh yang lemah bisa diberi kekuatan!

Iblis sendiri mengetahui bahwa puasa memiliki arti yang sangat penting, ia akan selalu datang dan mencobai serta menggagalkan orang yang berpuasa, sebab Yesus sendiri ketika berpuasa (Matius 4:1-11) digoda supaya jatuh! Dan perlu diingat dalam dunia kegelapanpun yang namanya ilmu hitam menekankan peran puasa merupakan suatu keharusan dalam meraih sesuatu seperti kekayaan, popularitas, dan kesehatan, jodoh, pelet dll.Pada umumnya mereka diberi rapal atau mantra yang harus dihafalkannya, namun harus disertai dengan puasa entah itu hanya mutih ( makan semua serba putih, nasi putih, garam putih, air putih, mungkin termasuk jus duren putih dll), puasa total, tidak makan tidak minum atau pati geni (tidak melihat matahari), tidak tidur dll. Dan jenis-jenis puasa yang dilakukan ini terkadang harus ditempat-tempat keramat seperti kuburan, dibawah pohon tertentu, di sungai, laut, di kaki gunung dll. Dan percaya atau tidak apa yang diinginkan oleh segelintir orang-orang tersebut sungguh-sungguh membawa hasil. Apa yang dicita-citakan biasanya terkabul sesudah puasa dan syaratnya lulus sensor oleh mbah dukun.

Menurut Roland K. Horison (salah seorang profesor ahli perjanjian lama dari Kanada menyatakan puasa berarti berpantang makan secara tetap dan menahan nafsu dengan sengaja dalam waktu tertentu. Namun puasa yang alkitabiah sebenarnya tidak hanya terbatas pada menahan diri terhadap makan dan minum tetapi dapat juga mencakup menahan diri untuk tidak berhubungan dengan orang lain, tidak bicara, tidak tidur, agar lebih khusuk dalam hal rohani. Marthin Lioyd Jones mendefinisikan puasa dalam arti yang luas sebab puasa itu tidak hanya terbatas pada persoalan tidak makan dan tidak minum puasa mencakup juga tidak melakukan hal-hal wajar yang biasa dilakukan dan tujuannya bersifat rohani. Tubuh kita ini mempunyai fungsi melakukan kegiatan-kegiatan yang normal dan benar tetapi untuk tujuan yang khusus. Ada kalanya kegiatan-kegiatan itu harus tidak dilakukan itulah namanya puasa. Untuk menghindari kesalah pahaman tentang puasa marilah kita lihat difinisi Alkitab.

 

 

Bagikan postingan..

Submit to DeliciousSubmit to DiggSubmit to FacebookSubmit to Google BookmarksSubmit to StumbleuponSubmit to TechnoratiSubmit to TwitterSubmit to LinkedIn
   
FacebookTwitterGoogle BookmarksPinterest
   
Copyright © 2013 Holy Spirit Ministry. Jl. Gading Griya Lestari F III No.9 Jakarta Utara
Telp. 08176771900 / 0816706262, 085310205759, 081319997803, 02170363030, 08129497950, 082111120109
Designed by DwimShop.com All Rights Reserved.