Facebook

Twitter

Google Plus

YouTube

Translate  

   

Login Form  

   

Photos Gallery  

   

Statistik  

Hari Ini846
Kemarin811
Minggu Ini846
Bulan Ini17398
Total Pengunjung779243

IP Kamu 54.81.110.186 Monday, 20 August 2018

Guests : 76 guests online Members : No members online
   

GBI Holy Spirit  

Setiap Hari Minggu
Jam 16.00 WIB
(MULAI MEI  2018)
 
Hotel SANTIKA KELAPA GADING
 MAHAKA SQUARE BLOK HF 3 JL KELAPA NIAS RT 06 RW 06 KELAPA GADING BARAT
JAKARTA UTARA - DKI JAKARTA 
Gembala Sidang :
Pdt. Timotius Bakti Sarono,M.Th
Hubungi :
Email : tbsarono@gmail.com
PIN BB : 57FBC4AB
Twitter : @timbsarono
FB : Timotius Bakti Sarono
Instagram timotiusbaktisarono
 
 
 
   

Donasi  

 
 
 
BCA. NOMOR REKENING :
0013075007
HOLY SPIRIT MINISTRY

...orang benar memberi tanpa batas (Amsal 21:26)

 

 
   

Chating  

   

FB Timotius Bakti Sarono  

   
 
 
TENUNAN ILLAHI YANG TERKOYAK
 
Pdt. Timotius Bakti Sarono,M.Th

 

 Dunia yang serba komplek ini menghasilkan berbagai macam persoalan yang semakin lama semakin komplek juga. Alkitab mengingatkan dengan jelas bahwa di akhir zaman orang hidup akan seperti di zaman Nuhyakni Sebab sebagaimana mereka pada zaman sebelum air bah itu makan dan minum, kawin dan mengawinkan, sampai kepada hari Nuh masuk ke dalam bahtera, dan mereka tidak tahu akan sesuatu, sebelum air bah itu datang dan melenyapkan mereka semua, demikian pulalah halnya kelak pada kedatangan Anak Manusia (Matius 24:38,39)

Gayahidup yang sedemikian ini tentu mengakibatkan dampak yang buruk dalam tatanan kehidupan.Persoalannya bukan masalah perkawinan atau makanan, tetapi segala sesuatu yang tidak pada porsinya maka akan menghasilkan ketentuan diluar kebenaran Allah.Makanan memang dibutuhkan demi kelangsungan hidup, sebab makan untuk hidup dan bukan hidup untuk makan. Namun manusia diakhir zaman ini terjadi sebaliknya hidup untuk makan akibatnya berbagai macam penyakit muncul dimana-mana.


Hal yang kedua adalah persoalan perkawinan, hubungan sex merupakan ciptaan Allah tetapi sex yang liar merupakan pekerjaan iblis. Di akhir zaman ini lebih banyak sex liar daripada sex dalam lembaga perkawinan. Sebagai akibatnya maka terjadi berbagai macam penyakit kotor dan aborsi dimana-mana. Namun penyakit kotor dan aborsi inipun juga dapat terjadi dalam lembaga perkawinan dengan berbagai macam alasan yang tidak dapat diterima oleh akal sehat.

Dampak dari kejatuhan moral tersebut harus ditanggulangi baik penyakit akibat makan makanan yang tidak teratur atau akibat sex bebas. Dalam makalah ini hanya akan dibahas tentang masalah aborsi yang memiliki fluktuasi semakin meningkat dan volume semakin membesar. Sebab pembunuhan bayi aborsi melebihi kematian perang dunia 1 dan yang kedua.Terbentuknya JaninPertemuan antara sperma dan sel telur adalah pembuahan dan semuanya ini adalah karya Allah sendiri. Sex merupakan anugerah (gift) dari Bapa surgawi yang mempersatukan dua pribadi yang berbeda untuk menghasilkan satu keturunan yang sama (Kej 2:24; Ef 5:31-32).
Satu adalah satu pribadi sama dengan Bapa atau Ibunya memiliki kepribadian, hak dan anugerah sama. Sex merupakan hubungan intimasi dalam kasih antara laki-laki dan wanita dan dalam satu komitment. Hubungan sex bukanlah sekedar hubungan alat kelamin yang berbeda tetapi memiliki hubungan yang sangat komplek.  Hubungan ini direstui oleh Allah sehingga lahirlah sebuah janin. Maka Allah menciptakan manusia itu menurut gambarNya, menurut gambar Allah diciptakanNya dia; laki-laki dan perempuan diciptakanNya mereka. Sebagai bukti janin itu merupakan karya Allah, ayat-ayat berikut ini perlu diperhatikan secara serius.1. Allah yang menciptakan manusia dan sel-sel produksi yang ada didalamnya dan Allah memandangnya dengan kata ‘sungguh amat baik” (Kej 1:31).2. Allah sendiri yang menjadikan seseorang dapat mengandung atau mandul. Jadi sekalipun terjadi “konsepsi” setiap waktu jika Allah tidak membiarkan menjadi janin maka tidak akan terjadi kehidupan. Ingat saja kisah Abraham dan Sara, Hana dan Penina, Elisabet dan Zakharia, Maria dll.

  • Kejadian 16:11Selanjutnya kata Malaikat TUHAN itu kepadanya: "Engkau mengandung dan akan melahirkan seorang anak laki-laki dan akan menamainya Ismael, sebab TUHAN telah mendengar tentang penindasan atasmu itu
  • Kejadian 25:21 Berdoalah Ishak kepada TUHAN untuk isterinya, sebab isterinya itu mandul; TUHAN    mengabulkan doanya, sehingga Ribka, isterinya itu, mengandung.
  • Kejadian 30:17 Lalu Allah mendengarkan permohonan Lea. Lea mengandung dan melahirkan anak laki-laki yang kelima bagi Yakub.
  • Hakim-hakim 13:3 Dan Malaikat TUHAN menampakkan diri kepada perempuan itu dan berfirman kepadanya, demikian: "Memang engkau mandul, tidak beranak, tetapi engkau akan mengandung, dan melahirkan seorang anak laki-laki.

  1. . Jadi bukan merupakan hukum alam bahwa pertemuan sperma dan indung telur selalu menghasilkan janin Tuhanlah yang membuka rahim wanita untuk memberikan keturunan Illahi. Jadi dalam hal ini Tuhanlah yang berkarya dan memproses dari hubungan sexual menjadi janin manusiaa. Yesaya 66:9 Masakan Aku membuka rahim orang, dan tidak membuatnya melahirkan? firman TUHAN. Atau masakan Aku membuat orang melahirkan, dan menutup rahimnya pula? firman Allahmu.

Mazmur 139:13-16 Sebab Engkaulah yang membentuk buah pinggangku, menenun aku dalam kandungan ibuku. Aku bersyukur kepadaMu oleh karena kejadianku dahsyat dan ajaib; ajaib apa yang Kaubuat, dan jiwaku benar-benar menyadarinya. Tulang-tulangku tidak terlindung bagiMu, ketika aku dijadikan di tempat yang tersembunyi, dan aku direkam di bagian-bagian bumi yang paling bawah; mataMu melihat selagi aku bakal anak, dan dalam kitabMu semuanya tertulis hari-hari yang akan dibentuk, sebelum ada satupun dari padanya. c. Ayub 31:15 BukankahIa, yang membuat aku dalam kandungan, membuat orang itu juga? Bukankah satu juga yang membentuk kami dalam rahim? Jadi harus diakui tidak akan ada seorangpun yang sangggup memberikan nafas kehidupan selain Tuhan sendiri.

Aborsi Meniadakan karya Allah adalah pembunuhan yang melanggar hukum ke 6 (pembunuhan). Jadi secara sederhana aborsi adalah matinya (gugurnya) hasil konsepsi. Artinya aborsi dapat dimulai dari sejak benih wanita (ovum) dengan benih laki (spermatozoa) mengadakan konsepsi. Dalam dunia kedokteran menggurkan kandungan dikenal dengan istilah abortus berarti pengeluaran hasil konsepsi sebelum janin dapat hidup diluar kandungan. Ini suatu proses pengakhiran hidup dari janin sebelum diberi kesempatan untuk bertumbuh.
Kehidupan yang utuh dimulai dari dua benih yang bersatu. adi apa yang telah dipersatukan Allah tidak boleh dihancurkan oleh manusia. Aborsi adalah dampak dari hubungan sex artinya aborsi baru terjadi apabila ada hubungan sex (termasuk perkosaan/kekerasan sex) dan konsepsi kedua benih. Konsepsi dapat terjadi pada wanita yang sudah menstruasi dengan laki-laki dengan sperma yang mature, dimulai dari kelompok remaja sampai tua kecuali pada wanita sampai menopouse. Dalam dunia kedokteran dikenal 3 macam aborsi, yaitu :1. Aborsi spontan/alamiah.
Berlangsung tanpa tindakan apapun. Kebanyakan disebabkan karena kurang baiknya kualitas sel telur dan sperma2. Aborsi buatan/sengaja
Pengakhiran kehamilan sebelum usia kandungan 28 minggu sebagai suatu akibat tindakan yang disengaja dan disadari oleh calon ibu maupun si pelaksana aborsi (dalam hal ini dokter, bidan atau dukun beranak)3. Aborsi terapeutik/medis
Pengguguran kandungan buatan yang dilakukan atas indikasi medik. Sebagai contoh calon ibu yang sedang hamil tetapi mempunyai penyakit darah tinggi menahun atau penyakit jantung yang parah yang dapat membahayakan baik calon ibu maupun janin yang dikandungnya, tetapi ini semua atas pertimbangan medis yang matang dan tidak tergesa-gesa.Perlu disadari dosa aborsi ini melanggar hukum Tuhan yang ke 6 sehingga apapun alasannya maka Tuhan tidak dapat mentolerir. Sebab apapun bentuk janin itu Allah sendiri yang merancang, tindakan sengaja aborsi merupakan pelanggaran yang serius.Alasan AborsiAdabegitu banyak alasan seseorang mengadakan aborsi1. Hamil diluar nikah (50 %)
Hamil diluar nikah sehingga mengakibatkan perasaan malu dan tercoreng, dan aib, sebab tidak ada satupun ibu yang bangga anak gadisnya hamil diluar pernikahan. Hal ini menyebabkan seseorang melakukan aborsi karena dianggap kandungannya mengganggu karir, sekolah dll. Dalam tahapan ini aborsi dipakai untuk menutup rasa malu. Adabeberapa orang yang melakukan aborsi karena tidak ingin anaknya tidak punya ayah.

2. Tidak ingin memiliki anak (66 %)

Adapasangan suami istri yang sepakat tidak mau memiliki anak, kebanyakan perkawinan ini mungkin akibat perkawinan kontrak, atau selingkuh diluar pernikahan atau tinggal kerja/sekolah/tugas yang jauh dari istrinya. Aborsi ini dilakukan juga supaya tidak mengganggu karir dan masa depannya. 3. Tidak cukup uang untuk merawat anak (66 %)
Bagi pasangan dibawah garis kemiskinan melakukan aborsi takut akan masa depan dari anak. Takut tidak dapat membiayai sekolah dll.Masih ada segudang lain alasan tentang aborsi tersebut, diantaranya belum siap masih terlalu muda, sudah memiliki banyak anak, akibat perkosaan, incest (hubungan intim satu darah), membahayakan calon ibu, karena janin akan bertumbuh cacat secara serius dll. Tetapi alasan apapun juga merupakan kecerobohan yang sangat serius dihadapan Tuhan.Resiko AborsiAborsi memiliki resiko yang tinggi terhadap kesehatan maupun keselamatan seorang wanita. Tidak benar jika dikatakan bahwa jika seseorang melakukan aborsi ia tidak merasakan apa-apa dan langsung boleh pulang”. Ada 2 resiko kesehatan terhadap wanita yang melakukan aborsi :


  1. Resiko kesehatan dan keselamtan secara fisik
  2. Resiko gangguan psikologisResiko kesehatan keselamatan fisikPada saat melakukan aborsi dan setelah melakukan aborsi ada beberapa resiko yang akan diahadapi seorang wanita, seperti yang dijelaskan dalam buku “facts or life” yang ditulis oleh Brian Clowes,Phd yaitu.1. Kematian mendadak karena pendarahan hebat\
  3. Kematian mendadak karena pembiusan yang gagal\
  4. Kematian secara lambat akibat infeksi serius disekitar kandungan
  5. Rahim sobek (uterine perforation)
  6. Kerusakan leher rahim (Cervival Lacerations) yang akan menyebabkan cacat pada anak berikutnya.
  7. Kanker payudara (karena ketidakseimbangan hormon estrogen pada wanita )
  8. Kanker indung telur (Ovarium Cancer)
  9. Kanker leher rahim (Cervical Cancer)
  10. Kanker hati (Liver Cancer)
  11. Kelainan pada placenta/ari-ari (placenta Previa) yang akan menyebabkan cacat pada anak berikutnya dan pendarahan hebat pada saat kehamilan berikutnya
  12. Menjadi mandul/tidak mampu memiliki keturunan lagi (Ectopic Pregnancy)
  13. Infeksi rongga panggul (Pelvic inflammatory Disease)
  14. Infeksi pada lapisan rahim (Endometriosis)Resiko kesehatan mentalProses aborsi bukan saja suatu proses yang memiliki resiko tinggi dari segi kesehatan dan keselamatan seorang wanita secara fisik, tetapi juga memiliki dampak yang sangat hebat terhadap keadaan mental seorang wanita
Gejala ini dikenal dalam dunia psikologi sebagai “Post-Abortion Syndrom” sindrom pasca aborsi) atau PAS. Gejala-gejala ini dicatat dalam “Psychological Reactions After Abortion” didalam penerbitan The Post Abortion Review (1994). Pada dasarnya seorang wanita yang melakuka aborsi akan mengalami hal-hal seperti berikut:


1. Kehilangan harga diri (82 %)
2. Berteriak-teriak histeris (51 %)
3. Mimpi buruk berkali-kali mengenai bayi (63 %)
4. Ingin melakukan bunuh diri (28 %)
5. Mencoba menggunakan obat-obat terlarang (41 %)
6. Tidak dapat menikmati hubunga seksual (59 %)

Diluar hal-hal tersebut diatas para wanita yang melakukan aborsi akan dipenuhi perasaan bersalah yang tidak hilang selama bertahun-tahun dalam hidupnya.
(Dikutip dari berbagai macam sumberdari Seminar)

Bagikan postingan..

Submit to DeliciousSubmit to DiggSubmit to FacebookSubmit to Google BookmarksSubmit to StumbleuponSubmit to TechnoratiSubmit to TwitterSubmit to LinkedIn
   
FacebookTwitterGoogle BookmarksPinterest
   
Copyright © 2013 Holy Spirit Ministry. Jl. Gading Griya Lestari F III No.9 Jakarta Utara
Telp. 08176771900 / 0816706262, 085310205759, 081319997803, 02170363030, 08129497950, 082111120109
Designed by DwimShop.com All Rights Reserved.