Facebook

Twitter

Google Plus

YouTube

Translate  

   

Login Form  

   

Photos Gallery  

   

Statistik  

Hari Ini169
Kemarin937
Minggu Ini1106
Bulan Ini11004
Total Pengunjung892917

IP Kamu 35.175.182.106 Tuesday, 11 December 2018

Guests : 35 guests online Members : No members online
   

GBI Holy Spirit  

Setiap Hari Minggu
Jam 16.00 WIB
(MULAI MEI  2018)
 
Hotel SANTIKA KELAPA GADING
 MAHAKA SQUARE BLOK HF 3 JL KELAPA NIAS RT 06 RW 06 KELAPA GADING BARAT
JAKARTA UTARA - DKI JAKARTA 
Gembala Sidang :
Pdt. Timotius Bakti Sarono,M.Th
Hubungi :
Email : tbsarono@gmail.com
PIN BB : 57FBC4AB
Twitter : @timbsarono
FB : Timotius Bakti Sarono
Instagram timotiusbaktisarono
 
 
 
   

Donasi  

 
 
 
BCA. NOMOR REKENING :
0013075007
HOLY SPIRIT MINISTRY

...orang benar memberi tanpa batas (Amsal 21:26)

 

 
   

Chating  

   

FB Timotius Bakti Sarono  

   

 

JANGAN JADI PENGKHIANAT

Pdt. Timotius Bakti Sarono,M.Th

 

 

…..  tetapi jalan pengkhianat-pengkhianaat  mencelakakan mereka ( amsal 13:15)

 

Banyak orang hidup di akhir jaman ini menghalalkan segala cara. Mereka rela menari-nari di atas mayat-mayat sahabat dan orang-orang tulus bahkan bisa terkekeh-kekeh di antara ratapan orang-orang yang yang disakiti. Tidak jarang mereka makan enak dari hasil rampasan dan pengkhianatan orang-orang yang telah menolongnya saat-saat lapar dan tidak punya sahabat.

Seorang pengkhianat sudah tumpul nuraninya dan memiliki hati yang keras dan tega melihat orang lain terkapar bersimbah darah dari ucapan dan kelakuannya. Prototipe itulah yang disebut oleh amsal sebagai penghianat. Penulis pernah katakan kepada seseorang yang selalu mendampinginya, : " mbak salah satu karaktermu itu keras, berani menghalalkan segala cara kalau sudah punya keinginan sering kali tega, tidak peduli orang. Namun penulis tidak sadar ia berani mengkhianati bapaknya sendiri.Dalam bahasa Ibrani kata tersebut diterjemakan dari

 

kata  bâgad dibaca  baw-gad'yang dipakai kiasan untuk bertindak diam-diam.   Dalam bahasa Inggrisnya  bisa diterjemahkan - deal deceitfully (treacherously, unfaithfully), offend, transgress,(depart), treacherous, unfaithful.  Jika diterjemakan adalah menjarah, kesepakatan licik (ketidak setiaan danmurtad), menyinggung, melanggar, dan sangat berbahaya! Seorang pengkhianat tidak pernah memiliki loyalitas terhadap orang tua sekalipun. Seorang pengkhianat seolah bisa hidup sendiri tanpa orang lain! Ia rela mengkhinati orang yang paling banyak menolong dan berjasa baginya! Mereka pikir bisa menjilat madu diujung silet, apapun yang ia akan alami sudah dapat dipastikan ia akan mengalami celaka.

            Bagaimana jalan seorang pengkhianat?  Seorang pengkhianat tidak akan pernah memiliki kesetiaan! Padahal salah satu buah Roh Kudus dalam Galatia 5:22-23 adalah kesetiaan (faithfulness). Dimana Allah panggil kita untuk melayani dan tetapkan kita harus setia itu harga mati bila tidak maka kita akan berpredikat sebagai pengkhianat! Wahyu 2:10 mengatakan Hendaklah engkau setia sampai mati, dan Aku akan mengaruniakan kepadamu mahkota kehidupan. Memang gereja di jaman sekarang sudah tidak memiliki aturan yang jelas, orang pindah gereja semaunya sendiri dan ada diantara gereja-gereja bangga bisa memindahkan jemaat lain. Mereka tidak sedang melakukan amanat agung menjaring jiwa melainkan memindahkan jiwa! Orang yang mencintai harta akan segera meninggalkan sahabat dalam pelayanan seperti Demas (2 Tim 4:10)

Seorang pengkhianat akan mencari mangsa kemanapun ia pergi!  Bila dia merasa tidak lagi dibutuhkan karena orang sudah tahu karakter aslinya maka ia akan segera berpindah tanpa permisi dengan seribu satu alasan yang tidak beralasan.  Mereka ini orang yang gampang mencela karena kefasihan lidah dan akan segera pergi mencari tempat yang dirasa lebih nyaman dan menguntungkan. Bila kita menemukan orang model seperti ini tidak perlu marah sebab kemanapun pergi belangnya pasti ketahuan. Jeremia  13:23 mengatakan : “ Dapatkah orang Etiopia mengganti kulitnya atau macan tutul mengubah belangnya? Masakan kamu dapat berbuat baik, hai orang-orang yang membiasakan diri berbuat jahat?

Hati nurani yang tumpul karena tertutup harta akan membuat seseorang tidak setia! Ia akan bermulut manis tapi tidak pernah ada sikapnya! Contoh ada seseorang yang sudah hampir 2 bulan bekerja dan menganggap diri merasa menemukan dunianya sendiri! Namun sebelumnya hidupnya begitu susahnya, di saat-saat  susah, setiap hari telpon seseorang yang telah menemaninya yakni sahabat karib yang dianggap bapaknya sendiri! Makan bersama, bercanda bersama serta melakukan aktifitas bersama. Namun ketika bapaknya telpon ia menangis dari ujung sana, saya kangen bapak… asli saya kangen bapak… Bapak ini  heran bukankah ia punya BB, telpon, bisa sms dan melakukan koneksi dengan mudahnya, bilang kangen tapi tidak ada tindakan secuilpun itulah seorang pengkhinat mulut dan tindakan tidak pernah sinkron! Belajar jangan pernah mempercayi mulut manis! Amsal  26:23  mengatkaan : “Seperti pecahan periuk bersalutkan perak, demikianlah bibir manis dengan hati jahat. Selanjutnya amsal mengatakan :” Lidah dusta membenci korbannya, dan mulut licin mendatangkan kehancuran (ay 28)

Seorang pengkhianat berpikir bodoh hanya melihat sasaran pendek, dia pikir harta yang dinikmati bisa membuat bahagia. Mereka tidak sadar anak cucunya akan menanggung aib dan malapetaka dari harta yang dijarahnya dari orang-orang yang tulus. Contoh Yudas Iskariot, Demi uang 30 keping perak Ia rela  mengkhianati gurunya (Lukas 26:15)! Yudas tidak sadar uang yang ia rebut dari pengkhianatan akan menghancurkan dirinya dengan kematian yang mengerikan!

Jangan pernah menjadi pengkianat bagi siapapun, serajin apapun datang dan melayani bila kehadiranmu pernah menyakiti dan merugikan orang lain maka Alkitab berkata stop jangan berbuat bagi Tuhan tinggalkan dulu dan berdamai dulu!  Sebab itu, jika engkau mempersembahkan persembahanmu di atas mezbah dan engkau teringat akan sesuatu yang ada dalam hati saudaramu terhadap engkau, tinggalkanlah persembahanmu di depan mezbah itu dan pergilah berdamai dahulu dengan saudaramu, lalu kembali untuk mempersembahkan persembahanmu itu (Matius 5:23-24)! Bila kehadiran kita membuat sengsara orang lain dan kita tinggalkan orang lain dalam penderitaannya, itulah pengkhianat. Kemanapun pergi melayani percuma ia akan berdiri dihadapan Tuhan dan akan segera tersingkir dari deretan orang-orang kudus (Mat 7:21-23)

Tuhan model apa yang memasukkan seorang pengkhianat masuk sorga? Tentu Tuhan yang ngawur namun Puji Tuhan Allah yang kita miliki adalah Allah yang penuh kasih! Seorang pengkhianat tidak akan pernah memiliki kasih! Dari mulutnya saja orang ini mengatakan kasih namun sejatinya nuraninya tumpul. Apa yang diperbuatnya tidak lebih 00,1 persen dari keuntungan yang diraihnya. Bagi siapapun pengkhianat lebih baik segera bertobat dan berdamai dengan orang-orang yang telah dikhianatinya supaya sorga terbuka lebar dan ketahuilah sorga tidak pernah dihadiri satupun seorang pengkhianat!

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Bagikan postingan..

Submit to DeliciousSubmit to DiggSubmit to FacebookSubmit to Google BookmarksSubmit to StumbleuponSubmit to TechnoratiSubmit to TwitterSubmit to LinkedIn
   
FacebookTwitterGoogle BookmarksPinterest
   
Copyright © 2013 Holy Spirit Ministry. Jl. Gading Griya Lestari F III No.9 Jakarta Utara
Telp. 08176771900 / 0816706262, 085310205759, 081319997803, 02170363030, 08129497950, 082111120109
Designed by DwimShop.com All Rights Reserved.