Facebook

Twitter

Google Plus

YouTube

Translate  

   

Login Form  

   

Pelayanan Kami  

Pelayanan kami bergerak di Area Apostolik, Propetic, Shekinah gloria Manifestasi pelayanan Kristus kami tampilkan bukan sekedar wacana melainkan realita dengan kasih yang menguasai hati kami.

Pdm. Hiruniko Ruben, M.Th (WAKIL GEMBALA)
Pdm. Matius M. Simorangkir, M.Th 
Pdp. TIRZA RATNA SUSILAWATI (STAFF GEMBALA)
087877009262
SUHENDRI (STAFF GEMBALA)
082220463780

 

Senior Pastor :                         

Pdt. Timotius Bakti Sarono,M.Th, M.Pdk
0817 677 1900 / 081315309418
 
Pelayanan yang penuh kasih kami persembahkan untuk kemuliaan Tuhan saja!
 
   

Photos Gallery  

   

Statistik  

Hari Ini78
Kemarin776
Minggu Ini5029
Bulan Ini21411
Total Pengunjung710204

IP Kamu 54.167.216.239 Saturday, 26 May 2018

Guests : 46 guests online Members : No members online
   

GBI Holy Spirit  

Setiap Hari Minggu
Jam 16.00 WIB
(MULAI MEI  2018)
 
Hotel SANTIKA KELAPA GADING
 MAHAKA SQUARE BLOK HF 3 JL KELAPA NIAS RT 06 RW 06 KELAPA GADING BARAT
JAKARTA UTARA - DKI JAKARTA 
Gembala Sidang :
Pdt. Timotius Bakti Sarono,M.Th
Hubungi :
Email : tbsarono@gmail.com
PIN BB : 57FBC4AB
Twitter : @timbsarono
FB : Timotius Bakti Sarono
Instagram timotiusbaktisarono
 
 
 
   

Donasi  

Kami sedang membangun ruangan Ibadah 17 x 10 Meter
Kami bersyukur untuk yang berkenan berpartisipasi dan menyelesaikan melalui dana yang disalurkan ke rekening :
 
 
BCA. NOMOR REKENING :
0013075007
HOLY SPIRIT MINISTRY

...orang benar memberi tanpa batas (Amsal 21:26)

LAPORAN PENERIMAAN AKAN DIKIRIMKAN 

KEPADA YANG BERSANGKUTAN

 

1

Hasil gambar untuk bri

023001045727503

TIMOTIUS BAKTI SARONO

 
   

Chating  

   

FB Timotius Bakti Sarono  

   

PEKERJAAN ALLAH

DI LINTASAN TAHUN 2018

Pdt. Timotius Bakti Sarono,M.Th

 

HABAKUK 3:2

TUHAN, telah kudengar kabar tentang Engkau, dan pekerjaan-Mu, ya TUHAN, kutakuti!Hidupkanlah Itu dalam lintasan tahun , nyatakanlah itu dalam lintasan tahun; dalam murka ingatlah akan kasih sayang!

 

Habakuk bukan saja mendengar akan keberadaan Tuhan melainkan mengamati pekerjaanNya!  Pekerjaan Allah membuat Habakuk gentar dan sangat hormat dan merindukan untuk dihidupkan dalam lintahan hari, bulan dan Tahun yang dijalaninya. Mengapa habakuk mengagumi karya Allah yang dasyat? Sepintas saja kalau kita mau mengamati ciptaan Allah yang dasyat alam semesta satu kalimat jadilah cakrawala (kejadian 1:6) Luas cakrawala tidak kurang 30 milyar tahun cahaya, 1 detik = 300.000 km,  diameter bumi = 12.742 km, matahari = 1.391.980 km, dibutuhkan 1.3 juta bumi untuk memenuhi matahari, panas matahari 15-20 juta celcius. Bayangkan jika Tuhan tidak melindungi kita dari panas matahari? Manusia bukan saja menjadi rempeyek melainkan menjadi bubur sumsum yang tidak lagi ada bentuknya.  

Belum lagi melihat karya Allah dalam diri manusia yang diciptakan menurut gambar dan rupa Allah.  manusia adalah makhluk spiritual yang hidup di alam keduniawian. Sebelum jatuh dalam dosa manusia memiliki tidak kurang  260 indera dan tidak kurang dari  365 cakra kemampuan ini dipakai untuk memberi nama seluruh binatang di bumi. Tidak mungkin manusia Cuma memiliki 5 indera, jika cuma lima indera saja maka semua binatang di laut satu persatu menghadap ke Adam untuk diberi nama sementara binatang di laut dan di air tidak mungkin bisa bernafas. Sementara cakra terletak di bioplasmik untuk mengakses energy yang hidup baik dari alam & tuhan. disebut aura alkitab mengatakan tubuh kemuliaan ( 2 kor 5:1;  1 kor 15:40) (smber national grafik ) Sementara manusia sendiri   setiap satu kg berat manusia memiliki  1 trilyun sel, dan  setiap 1 inti sel terdiri dari 3 milyard informasi –(sumber kasuo murakami – tuhan dalam DNA kita)

Habakuk bukan saja ingin menjadi penikmat dari karya Allah namun dirinya ingin bahwa karya Allah tersebut bukan saja hidup bagi dirinya melainkan dinyatakan setiap detilnya dalam kehidupan sehari-hari dalam dunia yang fana ini. Kebenaran Allah adalah ayat-ayat dari yang Supranatural harus bisa mendarat dalam kehidupan yang Natural ini sehingga terbukti bahwa karya Allah yang supranural dapat dinikmati oleh kehidupan sehari-hari secara nyata bukan fata morgana saja.

Model Allah yang berkarya

Siapakah Allah orang Kristen yang identik dengan Allahnya Abraham Ishak dan Yakub, Allah Pencipta langit dan bumi yang memilih bangsa Israel? Dialah Allah yang memiliki etos kerja yang dasyat yang nyata dan memiliki harmoni dan keindahan yang tiada taranya. Dia bukan

Allah yang duduk manis di Sorga yang hanya menciptakan ayat-ayat halal dan haram serta mengawasinya dengan ketat seperti agama Yahudi! Dia bukan juga Allah yang hanya memonitor dosa, kesalahan dan pemberontakan umat manusia dan menjatuhkan hukuman serta menyiksa orang di neraka kekal. Dia tidak juga tergolong pribadi yang menentukan nasib seseorang dengan takdir semaunya sendiri sehingga free will  makluk ciptaanNya diberangus demi kepentinganNya sendiri.

Sang Pencipta alam semesta tidak pernah mau sibuk membuat ribuan dalil, dokma, aturan-aturan lahiriah agar menunjukkan sebuah agama yang diperkenanNya dan memaksa orang menjalaninya. Sebagai akibatnya orang tersiksa dan terbelenggu oleh hukum-hukum lebih tepatnya ayat-ayat yang memenjarakan manusia dan membunuhnya  ( 2 Kor 3:6).  Semua itu merupakan rekayasa ajaran manusia yang dihafalkan. Dan Tuhan telah berfirman: "Oleh karena bangsa ini datang mendekat dengan mulutnya dan memuliakan Aku dengan bibirnya, padahal hatinya menjauh dari pada-Ku, dan ibadahnya kepada-Ku hanyalah perintah manusia yang dihafalkan… (Yes 29:13). Agama model seperti ini akan membuat kacau dunia, dimanapun penganutnya ada akan membuat benturan-benturan dengan kepercayaan apapun sebab karena ia menganggap agamanya sendiri yang paling direstui oleh Allah sementara agama lain merupakan bahan bakar api neraka. Sebagai akibatnya orang tidak bisa bekerja dengan maksimal melainkan sibuk hanya doktrin dan dalil-dalil urusan supranatural saja sementara kehidupan yang natural menjadi bar-bar.

Allahnya Abraham Ishak dan Yakub yakni Allahnya Alkitab juga Allahnya orang Kristen diseluruh dunia adalah Allah yang bekerja. Lihat saja ayat pertama dalam Alkitab mengkisahkan sebuah Karya Allah tentang langit dan bumi. Kejadian 1:1 Mengatakan : “Pada mulanya Allah menciptakan langit dan bumi”. Sementara ayat pertama dalam Perjanjian baru menceritakan tentang Sang Pencipta itu sendiri, Matius 1:1 Inilah silsilah Yesus Kristus, anak Daud, anak Abraham. Yesus sendiri mengatakan dengan Jelas, "Bapa-Ku bekerja sampai sekarang, maka Aku pun bekerja juga."  (Yohanes 5:17) dan Yesus menyatakan pekerjaan yang harus orang percaya lakukan adalah : Bekerjalah, bukan untuk makanan yang akan dapat binasa, melainkan untuk makanan yang bertahan sampai kepada hidup yang kekal, yang akan diberikan Anak Manusia kepadamu; sebab Dialah yang disahkan oleh Bapa, Allah, dengan meterai-Nya." (Yoh 6:27). Yesus sendiri menegaskan bahwa orang percaya harus bekerja selagi masih masih siang (Yoh 9:4). Pekerjaan yang tidak boleh dilakukan dengan ceroboh melainkan harus on fire  (Peng 9:10), tidak boleh kendor (rom 12:11) apalagi malas (Ams 6:6-9.  Kebenaran dalam II Tesalonika  3:10 mengatakan : “Sebab, juga waktu kami berada di antara kamu, kami memberi peringatan ini kepada kamu: jika seorang tidak mau bekerja, janganlah ia makan. Etos kerja Tuhannya menghasilkan perkara-perkara yang mendatangkan kemuliaan dan keselamatan bagi setiap orang yang sehabitat denganNya.

Jenis Pekerjaan

Yesus mengatakan bahwa jenis pekerjaan yang sesungguhnya yang harus kita kerjakan adalah percaya kepadaNya. Alkitab berkata,  Jawab Yesus kepada mereka: "Inilah pekerjaan yang dikehendaki Allah, yaitu hendaklah kamu percaya kepada Dia yang telah diutus Allah." (Yohanes 6:29). Pekerjaan yang harus dikerjakan oleh semua orang di muka bumi di segala bangsa suku dan bahasa adalah percaya kepada Dia yang di utus oleh Allah? Siapakah yang di utus oleh Allah? Adakah nabi, rasul atau santa dan santo? Ada kemungkinan mereka diutus oleh Allah namun tidak yang paling sah! Satu-satunya yang disahkan oleh Bapa adalah Anak manusia yakni Yesus sendiri. Yohanes 6:27 mengatakan …. yang akan diberikan Anak Manusia kepadamu; sebab Dialah yang disahkan oleh Bapa, Allah, dengan meterai-Nya."

Banyak nabi mengaku-aku sebagai utusan Allah namun berani nggak dia berkata bahwa dia satu-satunya yang disahkan oleh Bapa? Tidak ada hanya satu pribadi Yesus Kristus. Standar utusan Allah adalah mereka yang memiliki roh yang tidak terbatas! Yohanes  3:34 Sebab siapa yang diutus Allah, Dialah yang menyampaikan firman Allah, karena Allah mengaruniakan Roh-Nya dengan tidak terbatas. Yang diutus oleh Allah adalah pribadi yang tidak bisa dikuasai oleh kematian! Kalau nabi itu hanya menjadi debu dalam sejarah tidak layak diikuti sebab ujung-ujungnya akan membawa seseorang ke dalam kubur. Namun Kristus Yesus memiliki Roh yang tidak terbatas Ia bangkit dari kematian dan hidup dalam kemuliaan. Berbicara pribadi Kristus Yesus adalah pribadi yang memiliki kehidupan dalam kekekalan atau sorga yang penuh kemuliaan dan akan membawa semua orang yang mempercayaiNya kesana (Yoh 14:6). Mengapa pekerjaan yang harus dilakukan adalah percaya kepada anak manusia? Kata percaya sendiri diterjemahkan dalam bahasa ibrani AMAN  yang berarti berpegang teguh.  Pekerjaan memegang sesuatu yang mudah lepas tidaklah mudah! Manusia yang selalu tidak stabil gampang goyah maka harus bekerja keras dalam memegang imannya kepada Allah. Iman adalah hubunan interaksi antara manusia dengan Allah. Jika kita berhubungan dengan sesama manusia tidaklah mengalami kesulitan walaupun harus diakui beberapa orang ada memiliki tipe yang tidak bisa bersahabat dan sangat sulit untuk bekerja sama. Demikian juga Antara Allah dan manusia merupakan dua pribadi yang berbeda essensinya. Ia adalah makluk roh sementara manusia adalah makluk jasmani.

Pertama  percaya mendatangkan upah yang besar sampai dalam kekekalan. Ibrani  10:35 mengatakan : “Sebab itu janganlah kamu melepaskan kepercayaanmu, karena besar upah yang menantinya. Bila seseorang bekerja maka gaji adalah haknya bukan sebuah hadiah (Rom 4:4) demikian jika seseorang percaya kepada Kristus maka siapapun juga akan memperoleh haknya yakn upah yang besar. Sementara iman dalam bahasa Yunaninya adalah Pistis yang menunjukkan hubungan manusia dengan Allah. Hubungan ini membutuhkan perjuangan untuk belajar mengenal dengan benar. Paulus mengatakan bahwa “Yang kukehendaki ialah mengenal Dia dan kuasa kebangkitan-Nya dan persekutuan dalam penderitaan-Nya, di mana aku menjadi serupa dengan Dia dalam kematian-Nya,.. (Fil 3:10)

Iman dalam bahasa Latin adalah fide yang memiliki arti mengandalkan sepenuhnya akan pembenaran dari Allah bukan usaha manusia dalam mencapai keselamatan bukan perbuatan baik manusia (Efesus 2:8) jika seseorang mau mengandalkan Tuhan maka ia harus berjuang dengan sungguh-sungguh untuk mematikan kehidupan lamanya dengan cara tunduk dan taat akan pimpinan Roh Kudus dan mengatakan tidak untuk segala sesuatu yang mendukacitakanNya.

Iman dalam bahasa Inggris disebut belief  yang berasal dari kata kerja bahasa Inggris tengah bileven yang berarti mencintai, menjunjung, menyayangi. Kata benda belive berarti kesetiaan, kepercayaan, komitmen, keterlibatan. Terkait dengan liebe (tercinta) dalam bahasa Jerman dan libido (hasrat) dalam bahasa latin. Pekerjaan terbaik adalah mengeksplorasi diri akan IMAN  kepada yang di utus oleh Allah.  

Kedua iman bukan saja mendatangkan upah di bumi melainkan memampukan seseorang yang percaya kepada anak manusia memperoleh kehidupan yang kekal (Rom 10:9-10). Kehidupan yang kekal bukan sekedar iming-iming hidup enak sesudah mati melainkan cerminanNya sudah diberikan selama orang tersebut masih hidup di bumi. Sorga sebenarnya telah nyata di dalam diri orang percaya. Damai yang Yesus berikan sama elemen-elemen di dalamnya bila diukur dengan damai yang ada di Sorga. Demikian sukacita yang Yesus berikan tidak ada bedanya dengan sukacita yang ada di sorga. Untuk itu Yesus mengajarkan agar kita berdoa jadilah kehendakMu di bumi seperti di dalam Sorga (Mat 6:10). Kebenaran ini memiliki arti bahwa pekerjaan Allah melalui kuasa Roh Kudus adalah menciptakan sorga dalam neraka yakni bumi yang sudah kemasukan molekul-molekulnya Lucifer. Orang percaya harus tinggal di  Eden dalam dunia yang edan ini bila mengembangkan imannya di dalam Yesus Kristus. Hampir tidak ada artinya kebenaran yang dipraktekkan dalam kehidupan ini bila tidak mendatangkan damai dan sukacita sorgawi dan ini dapat dipastikan kebenaran tersebut bukan berasal dari Bapa segala yang terbaik.

Ketiga bahwa iman kepada Yesus Kristus akan menghadirkan deposit spirit yang luar biasa dalam menghadapi krisis multi dimensi dalam kehidupan manusia sebab harus disadari sekalipun keadaan begitu kacaunya seperti seluruh tumbuhan tidak berbuah, kambing domba terhalau dari kurungan dan tidak ada stock lembu sapi dalam kandang namun tetap bersukacita. Jika bahasa sekarang dapat diungkapkan bahwa sekalipun tidak ada keuangan yang memadai atau dikecewakan, dikhianati, disingkirkan dan diperlakukan tidak adil. Lebih celaka lagi tidak ada pembelaan dan tidak bisa membela namun yang pasti iman di dalam Yesus dapat mengstabilkan keadaan. Mungkin keadaan tidak berubah namun suasana hati yang berubah. Dunia yang siap ditimpa oleh murka dengan kehancurannya karena murka Allah.  2 Petrus 3:10 mengatakan : “Tetapi hari Tuhan akan tiba seperti pencuri. Pada hari itu langit akan lenyap dengan gemuruh yang dahsyat dan unsur-unsur dunia akan hangus dalam nyala api, dan bumi dan segala yang ada di atasnya akan hilang lenyap.namun demikian bagi mereka yang percaya kepada anak Allah akan memperoleh hak istimewa tidak akan mengalami murka Tuhan seperti habakuk katakan bahwa dalam murkaMu ingatlah akan kasih sayang. 1 tesalonika 5:9-10 mengatakan : “ Karena Allah tidak menetapkan kita untuk ditimpa murka, tetapi untuk beroleh keselamatan oleh Yesus Kristus, Tuhan kita, yang sudah mati untuk kita, supaya entah kita berjaga-jaga, entah kita tidur, kita hidup bersama-sama dengan Dia. Bersyukurlah bagi yang ingin hidup dalam lintasan tahun 2018 bersama Tuhan akan memperoleh kasih sayang.

 

 

 

 

 

 

Bagikan postingan..

Submit to DeliciousSubmit to DiggSubmit to FacebookSubmit to Google BookmarksSubmit to StumbleuponSubmit to TechnoratiSubmit to TwitterSubmit to LinkedIn
   
FacebookTwitterGoogle BookmarksPinterest
   
Copyright © 2013 Holy Spirit Ministry. Jl. Gading Griya Lestari F III No.9 Jakarta Utara
Telp. 08176771900 / 0816706262, 085310205759, 081319997803, 02170363030, 08129497950, 082111120109
Designed by DwimShop.com All Rights Reserved.