Facebook

Twitter

Google Plus

YouTube

Translate  

   

Login Form  

   

Photos Gallery  

   

Statistik  

Hari Ini404
Kemarin1180
Minggu Ini1584
Bulan Ini10962
Total Pengunjung1267262

IP Kamu 3.229.122.219 Tuesday, 10 December 2019

Guests : 17 guests online Members : No members online
   

GBI Holy Spirit  

Setiap Hari Minggu
Jam 16.00 WIB
(MULAI APRIL 2019)
 
RUKO PASAR MANDIRI LANTAI 2 BENGKEL MOBIL NEW MAJU JAYA
 BLOK M4C NO 32C-32D SEBELUM APATERMEN THE SUMMIT
KELAPA GADING - JAKARTA UTARA - DKI JAKARTA 
Gembala Sidang :
Pdt. Timotius Bakti Sarono,M.Th
Hubungi :
Email : tbsarono@gmail.com
PIN BB : 57FBC4AB
Twitter : @timbsarono
FB : Timotius Bakti Sarono
Instagram timotiusbaktisarono
 
 
 
   

Donasi  

 
 
 
BCA. NOMOR REKENING :
0013075007
HOLY SPIRIT MINISTRY

...orang benar memberi tanpa batas (Amsal 21:26)

 

 
   

Chating  

   

FB Timotius Bakti Sarono  

   

ROUTE UNLIMETTED BLESSING

Pdt. Dr. Timotius Bakti Sarono, M.Pdk

 

Ulangan  33:23 Tentang Naftali ia berkata: "Naftali kenyang dengan perkenanan dan penuh dengan berkat TUHAN;

milikilah tasik dan wilayah sebelah selatan." 

 

                

Route berkat tanpa batas ini tidak berbicara alur menuju melimpahnya harta dan deposito milyaran rupiah melainkan kenyangnya perkenanan Allah dalam ranah kehidupan. Harus diakui orang yang kenyang perkenanan maka secara otomatis akan kepenuhan berkat  Allah Narasi berkat Musa kepada Naftali ini dimulai perkenanan baru melimpahnya berkat bukan sebaliknya seperti yang diajarkan gereja-gereja pada umumnya. Kita juga tidak boleh alergi soal berkat atau mengkriminilisasinya seo-olah berbicara berkat itu selalu  duniawi atau sekularisme. Pandangan miring dan merendahkan orang yang berbicara soal berkat bukanlah sebuah kebijakan melainkan arogansi diri tanpa kesadaran dirinya kepenuhan berkat. Namun celakalah para pendeta yang menekankan berkat sehingga dirinya mabok hedonisme[1] Kalau orang boleh sadar jika dirinya masih  bisa bernafas itupun berkat yang besar. Bayangkan kalau nafas harus dibayar seperti mereka yang ada di ICCU rumah sakit? Mahal bukan, harta segunungpun akan habis. Bahkan lebih lagi orang kalau masih bisa matipun itu berkat yang jauh lebih besar. Ada banyak orang tidak bisa mati, menderita terkapar di rumah sakit atau di ranjang puluhan tahun “kembang amben” demikian pepatah jawa yang memiliki orang hanya terkapar di atas ranjang yang tidak bisa mati-mati akibat santet[2].

            Route pertama berkat tanpa batas yang harus dilalui oleh orang percaya adalah mencari dan menemukan perkenanan Allah. Kekristenan harus identik dengan perkenanan sebab tanpa perkenanan  Allah maka sia-sialah seluruh kehidupan bergereja dan pelayanan. Kenyang perkenanan merupakan berkat untuk naftali[3] yang digambarkan sebagai rusa betina yang terlepas. Dalam terjemahan shelabear ayat ini mengatakan : “Maka katanya pula dari hal Naftali: "Hai Naftali yang puas hati oleh karunia dan penuh dengan berkat Allah biarlah engkau memiliki tanah sebelah barat dan sebelah selatan." Leydekker tahun 1733 menterjemahkan dengan kata Adapawn 'akan Naftalij dekatakannjalah; hej Naftalij, djadilah kinnjang dengan karidla`an, dan punoh dengan berkat Huwa: berpusakalah barat dan salatan.

            Kata asli kenyang sendiri dalam bahasa aslinya adalah  sabea yang memiiki arti kenyang atau puas, juga penuh, kata ini disandingkan dengan kata perkenanan yang dalam bahasa ibraninya ratsown yang memiliki arti pleasure, delight, favour, goodwill, acceptance, will 1a) goodwill, favour 1b) acceptance 1c) will, desire, pleasure, self-will jika diartikan secara umum kedua kata tersebut memiliki arti puas akan segala yang terbaik, kepenuhan hasrat hati yang menyenangkan. Jika dilihat latar belakang bagaimana Bilha memperoleh anak, bila bergulat dengan kakaknya, untuk memperoleh hubungan dengan suaminya Yakub.

            Naftali adalah hasil perjuangan memperoleh kasih dari sang suami sehingga Bilha dapat memiliki keintiman yang menghasilkan Naftali. Orang yang berkenan kepada Allah adalah orang yang memiliki gairah berjuang berani berkorban demi sebuah hubungan dengan pribadi yang memberkati. Yakub bergumul di sungai Yabok dan mendapatkan gelar Israel[4] Yakub berjuang dengan sungguh dan tidak melepaskan Tuhan yang menjelma menjadi orang asing sehingga Ia mendapat perkenanan Tuhan permintaannya dikabulkan dan berdamai dengan Esau yang membawa 400 tentara. Yakub tidak lagi hidup dalam ketakutan dan pengecut menghadapi kakaknya. Amsal 16:7 mengatakan :  “Jikalau TUHAN berkenan kepada jalan seseorang, maka musuh orang itupun didamaikan-Nya  dengan dia. Ini tidak hanya berlaku bagi personal melainkan berlaku bagi Israel dimana musuh-musuh Arab yang menyerang negara kecil ini satu persatu mulai mengadakan hubungan diplomatic. 

Orang yang berkenan adalah orang yang memiliki kebebasan atau kemerdekaan secara rohani yang hanya bisa terjadi melalui Yesus Kristus[5]. Orang yang merdeka adalah orang yang sudah menemukan kebenaran sejati. Yesus berkata dengan jelas bahwa : dan kamu akan mengetahui kebenaran, dan kebenaran itu akan memerdekakan  kamu[6]. Kebenaran bagaimanakah yang dapat membebaskan? Bukankah semua agama menyatakan bahwa kitab sucinya merupakan kebenaran. Kebenaran yang bukan berasal dari Allah sejati bukanlah kebenaran karena hanya rekayasa ajaran manusia yang hanya dihafalkan[7]. Kebenaran yang berubah bentuk menjadi manusia sehingga mempertontonkan karakter dari Allah sejati[8]

            Kita tidak meragukan kebenaran-kebenaran dari pewahyuan namun siapa berani menjamin pewahyuan itu berasal dari Allah sejati. Iblis bisa memberikan pewahyuan yang seolah-olah kebenaran padahal tidak demikian halnya. Sejak awal dalam skandal Taman Eden iblis sudah menggunakan kata-kata dari Allah dan kemudian memutarbalikannya. Paulus dengan tegas mengatakan bahwa jika ada malaikat yang datang dan memberitakan Injil yang lain maka terkutuklah dia[9]. Kebenaran yang mendatangkan kutuk adalah kebenaran yang mengingat dimana seorang tidak bisa bertindak apapun selain dari hukum itu sendiri. Orang harus melakukan hukum karena sebatas legalisme yakni  ketaatan secara ketat terhadap peraturan dan ketetapan merupakan suatu tuntutan.

Legalisme ini sangat bertentangan dengan anugerah atau kasih karunia. Paulus dengan tegas mengatakan :  “Terimalah orang yang lemah imannya tanpa mempercakapkan pendapatnya”[10] Apabila seorang datang kepada kita dan mengatakan ini makanan haram, maka serta merta kita akan berkata itu halal dan kemudian kita memvonis dia tidak tahu kebenaran. Kita mempercayai kebenaran dengan mengatakan bahwa semua makanan itu halal jika diterima dengan ucapan syukur.  Konsep yang mutlak kita miliki dalam satu ayat tersebut membuat kita menghakimi orang lain sesat[11] Itulah legalisme. Legalisme itupun bukanlah sebuah kebebasan. 

Ketika seorang percaya Kristus maka ia tidak diperhadapkan dengan halal dan haram melainkan pengampunan, kebebasan, anugerah serta status anak Allah itulah kemerdekaan atau kebebasan penuh. Orang melakukan hukum bukan karena takut jika tidak akan masuk neraka tetapi sebaliknya melakukan hukum karena menyenangkan hati Tuhan. Perkenanan adalah sebuah tindakan yang menyenangkan hati Tuhan dengan kebebasan penuh. 

Jalur berkat yang kedua adalah menabur Ishak selalu menabur, ibrani zawrah menyebarkan, mengandung, menyusun, merencanakan. Kata yunani “koinoneo” berarti “berpartisipasi, berbagi.” Sedangkan kata “koinonia” berarti “sharing.” Kadang-kadang kata ini diterjemahkan “a fellowship” (suatu persekutuan) dan kadang-kadang diterjemahkan “a communion” (komuni). Dan kata “koinonikas” adalah kata untuk “liberal.” 

Seseorang yang adalah “koinonikas” adalah liberal. Sedangkan “koinonos” berarti “a partner, a sharer” atau “teman berbagi.” Allah menyiapkan jalur ibadah untuk berkat (1 tim 6:6 memang ibadah itu kalau disertai rasa cukup,  memberi keuntungan   besar), kesalehan - ketakutan dan cinta Tuhan yang tulus, dan kepatuhan terhadap kehendak-nya; tak terpisahkan dari kesalehan vital; adalah keuntungan besar - menghasilkan keuntungan yang tak terkatakan dalam waktu maupun dalam kekekalan, dan memang merupakan satu-satunya keuntungan sejati yang tetap.

Inilah yang disebut kekayaan dihadapan Allah, namun segala kesalehan dan ibadah kepada Tuhan tidak dimiliki olehorang kaya sehingga Yesus sendiri mengatakan dalam Lukas 12:21 demikianlah jadinya dengan orang yang mengumpulkan harta bagi dirinya sendiri, jikalau ia tidak kaya di hadapan Allah. Jenis kekayaan yang Allah miliki hanya ada dalam pusaran ibadah-melakukan segala sesuatu dalam nama Yesus (kol 3:17 dan segala sesuatu yang kamu lakukan  dengan perkataan atau perbuatan, lakukanlah semuanya itu dalam nama Tuhan Yesus, … dengan kata lain kekayaan dihadapan Allah adalah orang-orang yang melakukan segala sesuatu hanya berpusatkan kepaa Allah. Hal ini tidak terjadi dalam ruang lingkup gereja saja melainkan dalam kehidupan sehari-hari dapat mewujudkan kebenaran dalam tindakan nyata. Jika diambil contoh Firman Tuhan mengatakan kasihilah sesamu manusia maka tindakan yang tepat orang yang mau berkenan kepada Allah adalah bertindak nyata dengan membagi-bagi miliknya bagi orang lain baik waktu, tenaga, dana dana sehingga orang lain mendapat penghiburan bagi yang susah dan menguatkan mereka yang sedang mengalami kelemahan. 

Karakter menabur adalah mengembang, Mazmur 126:5 mengatakan : “orang-orang yang menabur dengan mencucurkan air mata, akan menuai dengan bersorak-sorai). Dalam hal menabur Allah sangat serius dan tidak ingin main-main. Baginya setiap taburan orang baik dalam kebajikan maupun kejahatan telanjang di mataNya[12]. Inilan yang membuat orang-orang yang mengejar harta duniawi terjerumus dalam berbagai pencobaan. Paulus mengingatkan kepada Timotius dalam suratnya 1 timotius 6:9 mengatakan : “tetapi mereka yang ingin kaya  terjatuh ke dalam pencobaan, ke dalam jerat  dan ke dalam berbagai-bagai nafsu yang hampa dan yang mencelakakan, yang menenggelamkan manusia ke dalam keruntuhan dan kebinasaan. 

Jeratan kekayaan tersebut adalah cinta akan uang. Arti cinta ini berkonotasi buruk, seperti seorang wanita yang cinta mati terhadap pria. Tidak peduli kekasihnya suka menggampar atau terindikasi narkoba atau penyakit membahayakan, maka sang wanita tetap saja cinta mati dan ingin menikah dengannya. Bagi sang wanita karakter yang buruk ditutupinya dengan rasa cintanya yang lebih besar. Tidak heran Paulus mengatakan dalam 1 Timotius 6:10 karena akar segala kejahatan ialah cinta uang. sebab oleh memburu uanglah beberapa orang telah menyimpang dari iman dan menyiksa dirinya dengan berbagai-bagai duka.  Kekayaan yang bisa mendatangkan perkenanan Allah adalah kekayaan yang menyebar kepada banyak orang. Yesus memberikan perumpaan tentang Lazarus dan orang kaya yang keduanya berakhir menuju kematian[13]. Namun keduanya mengalami kehidupan yang berubah. Orang kaya berada dalam kengerian yang kekal sementara Lazarus berada dalam kehidupan yang kekal. Orang kaya ini masuk dalam kebinasaan kekal bukan karena ia tidak tahu kebenaran. Dapat dipastikan ia mengerti namun harus diakui bahwa kekayaannya untuk diri sendiri dan tidak menyebar seperti orang menabur kepada orang lain. Buktinya orang yang disampingnya seperti Lazarus yang miskin tetap miskin sampai hari matinya. 

Kekayaan sejati mendatangkan damai sejahtera dan orang-orang sekelilingnya menikmati hasil kekayaannya (Bill Gate pendiri Microsoft,  Mark Zuckerberg pencipta facebook, sementara google dibuat oleh  Larry Page and Sergey Brin mereka memiliki hasil karya yang dinikmati oleh jutaan manusia, tidak peduli bangsa, agama dan suku dimana saja bisa menikmati hasil karya mereka. Harus dipahami bahwa keturunan Yakub atau berdarah Yahudi banyak menjadi berkat bagi banyak orang di dunia ini sampai saat ini. Perkenanan Allah terjadi bagi setiap orang yang bisa dan mampu serta mau menjadi berkat bagi orang lain. Karena setiap orang percaya diberkati untuk menjadi berkat bagi orang lain. 

Naftali mendapat warisan wilayah tasik dan selatan berbicara wilayah yang subur yakni daerah Danau Tiberias dan sepanjang sungai Yordan. Daeah-daerah inilah yang membuat seluruh Israel subur karena kebutuhan air minum diseluruh Israel berpusatkan di danau tersebut yang mengalir ke sungai Yordan yang membentang di seluruh Israel bahan ke tanah-tanah negara tetangga. Jalur berkat tanpa batas adalah mendapat perkenanan Tuhan berusaha maksimal untuk mengasihi Tuhan dan menabur bagi banyak orang sehingga orang lain mendapat berkat. 

 

 



[1] Hedonisme adalah pandangan hidup yang menganggap bahwa orang akan menjadi bahagia dengan mencari kebahagiaan sebanyak mungkin dan sedapat mungkin menghindari perasaan-perasaan yang menyakitkan.[1] Hedonisme merupakan ajaran atau pandangan bahwa kesenangan atau kenikmatan merupakan tujuan hidup dan tindakan manusia.[2] Terdapat tiga aliran pemikiran dalam hedonis yakni CyrenaicsEpikureanisme, dan Utilitarianisme.

https://id.wikipedia.org/wiki/Hedonisme

[2] kembang amben, salah satu amalan (bisa aja memiliki beberapa nama lain) licik dan  jahat dimana korban dibuat tidak berdaya, hidup tidak, matipun tidak, hingga sampai saatnya tubuhnya tak mampu lagi menahan "beban" dan akhirnya berpulang ... nama kembang amben sendiri diambil dari efek yang di timbulkan karena biasanya korban hanya mampu berbaring di tempat tidur tidak  mampu apa apa bahkan termasuk berkomunikasi. Sumber :(https://www.kaskus.co.id/thread/5240193a3c118e6130000000/mohon-bantuan-para-sepuh/2)

[3] Naftali, putra kedua Bilha, akan menunjukkan kasih yang luar biasa terhadap kebebasan; dia adalah rusa betina yang terlepas, menurut Yakub. Ilustrasi ini melukiskan hewan liar, cepat, namun cantik yang menyenangi kebebasan yang disediakan oleh lembah-lembah penuh pohon dan lembah-lembah yang terbuka. Naftali akan menikmati alam ciptaan Allah. Ia akan melahirkan anak-anak indah, mungkin mengacu kepada wejangan-wejangan fasih dan bermanfaat yang akan dihasilkan orang-orang dari sukunya. Barak, karena keberaniannya akan menjadi salah satu teladan suku mereka. Dalam Hakim2 5:18   dikatakan, "Suku Zebulon ialah bangsa yang berani mempertaruhkan nyawanya, demikian juga suku Naftali." Sumber : (https://alkitab.sabda.org/commentary.php?book=1&chapter=49&verse=21

[4] Kejadian 32: 24-32 Dimana teophani dimana Yakub mendapat nama Israel Hosea 12:4 a bergumul dengan Malaikat dan menang; ia menangis dan memohon belas kasihan kepada-Nya. Di Betel  ia bertemu dengan Dia, dan di sanalah Dia berfirman kepadanya:

 

[5] Galatia 5:1 Supaya kita sungguh-sungguh merdeka, Kristus telah memerdekakan  kita. Karena itu berdirilah teguh  dan jangan mau lagi dikenakan kuk perhambaan.

 

[6] Yohanes 8:32

[7]  Yesaya 29:13 Dan Tuhan telah berfirman: "Oleh karena bangsa ini datang mendekat dengan mulutnya dan memuliakan Aku dengan bibirnya,  padahal hatinya menjauh dari pada-Ku,  dan ibadahnya kepada-Ku hanyalah perintah manusia  yang dihafalkan,

[8] Yohanes 1:14 Firman itu telah menjadi manusia ,  dan diam di antara kita, dan kita telahmelihat kemuliaan-Nya,  yaitu kemuliaan yang diberikan kepada-Nya sebagai Anak Tunggal Bapa, penuh kasih karunia  dan kebenaran.

[9] Galatia 1:8-9  Tetapi sekalipun kami atau seorang malaikat dari sorga yang memberitakan kepada kamu suatu injil yang berbeda dengan Injil yang telah kami beritakan kepadamu, terkutuklah  dia.  Seperti yangtelah kami katakan dahulu, sekarang kukatakan sekali lagi: jikalau ada orang yang memberitakan kepadamu suatu injil, yang berbeda dengan apa yang telah kamu terima, terkutuklah dia 

[10] Roma 14:1 

[11] Roma 14:4 “Siapakah kamu, sehingga kamu menghakimi hamba orang lain? Entahkah ia berdiri, entahkah ia jatuh, itu adalah urusan tuannya sendiri. Tetapi ia akan tetap berdiri, karena Tuhan berkuasa menjaga dia terus berdiri” 

 

[12] Gal 6:7,8   jangan sesat! allah tidak membiarkan dirinya dipermainkan.   karena apa yang ditabur orang, itu juga yang akan dituainya).Sebab barangsiapa menabur dalam dagingnya, ia akan menuai   kebinasaan dari dagingnya, tetapi barangsiapa menabur dalam  roh, ia akan menuai hidup yang kekal dari roh itu.

[13] lukas 16:19-31

Bagikan postingan..

Submit to DeliciousSubmit to DiggSubmit to FacebookSubmit to Google BookmarksSubmit to StumbleuponSubmit to TechnoratiSubmit to TwitterSubmit to LinkedIn
   
FacebookTwitterGoogle BookmarksPinterest
   
Copyright © 2013 Holy Spirit Ministry. Jl. Gading Griya Lestari F III No.9 Jakarta Utara
Telp. 08176771900 / 0816706262, 085310205759, 081319997803, 02170363030, 08129497950, 082111120109
Designed by DwimShop.com All Rights Reserved.